"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Kamis, 21 Mei 2020

Kumpulan 6+ Kerajinan Tangan (Prakarya) dari Bahan Plastik dan Kertas Bekas



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan kerajinan tangan prakarya dari bahan dasar plastik dan kertas bekas. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang kumpulan kerajinan tangan prakarya dari bahan dasar plastik dan kertas bekas. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami dan membuat kumpulan kerajinan tangan prakarya dari bahan dasar plastik dan kertas bekas.

Membuat Bunga Dahlia

Kumpulan 6+ Kerajinan Tangan (Prakarya) dari Bahan Plastik dan Kertas Bekas
Alat dan Bahan:

Siapkan alat dan bahan berikut:
  • Kantong plastik bekas, warna kuning, merah, dan putih (warna apapun pada prinsipnya bisa) untuk membuat mahkota (kelopak) bunga.
  • Kantong plastik warna hijau untuk penutup tangkai bunga.
  • Kawat ukuran sedang untuk tangkai bunga 
  • Kertas karton untuk pola lingkaran
  • Spidol atau pensil untuk menggambar pola lingkaran pada kertas karton.
  • Gunting
  • Korek gas atau lilin untuk membakar kantong plastik saat membuat mahkota bunga
  • Tang untuk memotong dan melekukkan kawat
  • Binder clip (penjepit kertas untuk memegang lembaran-lembaran kantong plastik (kresek) agar tidak bergeser saat di gunting).
Langkah Kerja:

Berikut ini adalah beberapa langkah-langkah atau tahap-tahap dalam membuat bunga dahlia dari kantong plastik.
  1. Buatlah sebuah pola dari kertas karton atau kertas lain yang agak tebal, berbentuk lingkaran dengan berdiameter sekitar 14 cm.
  2. Hamparkan kantong plastik bekas di atas lantai atau meja dan rapikan.
  3. Buat pola berbentuk lingkaran dari kertas karton
  4. Gunting ujung atas dan ujung bawah kantong plastik
  5. Gunting kantong plastik yang akan dipakai sehingga plastik menjadi berbentuk persegi untuk memudahkan kalian melipat kantong kresek pada langkah berikutnya.
  6. Lipat-lipat kantong plastik sehingga cukup besar dan muat jika ditaruh pola lingkaran di atasnya.
  7. Jepit beberapa bagian sisi lipatan kantong plastik agar tidak mudah bergeser-geser.
  8. Gunting kantong plastik sesuai pola lingkaran.
  9. Selanjutnya, ambil selembar lingkaran kantong plastik, kalian akan membuatnya menjadi mahkota bunga dahlia.
  10. Caranya, lipat-lipat lingkaran (4 kali lipat).
  11. Gunting ujung lipatan, untuk membentuk pinggiran mahkota bunga yang berlekuk-lekuk.
  12. Buka lipatan yang telah digunting, hasilnya akan diperoleh bentuk dasar mahkota bunga dahlia dengan 8 lekukan.
  13. Siapkan lilin untuk dipakai membakar plastik
  14. Lipat mahkota berdasarkan diameter (sesuai dengan lipatan sebelumnya), bakar sisi lipatan (panaskan) di api lilin sehingga terlihat mengumpal.
  15. Lakukan pada semua bagian bekas lipatan satu per satu. 
  16. Jika semuanya sudah selesai di buat, sisihkan.
  17. Lakukan pembakaran pada sekitar 12 sampai 15 lembar mahkota. Semuanya nanti akan digabungkan untuk membentuk sekuntum bunga.
  18. Selanjutnya kalian akan membuat putik
  19. Siapkan selembar kantong plastik sisa mahkota, dengan ukuran lebih kurang 7 x 8 cm.
  20. Lipat beberapa kali sesuai lebarnya.
  21. Gunting-gunting dengan lebar sekitar 0,3 cm pada sisi-sisinya. Jangan sampai ke tengah dan putus.
  22. Siapkan kawat ukuran sedang sepanjang lebih kurang 15 cm - 17 cm. Gulung calon putik bunga ini, lalu lilitkan pada kawat. Gunakan tang untuk memudahkan kalian dalam melakukan pelipatan kawat.
  23. Berikutnya kalian akan menyatukan putik dan tangkai dengan mahkota bunga yang sudah dibuat sebelumnya 
  24. Caranya sangat gampang. Tusukkan ujung kawat pada tengah-tengah mahkota. Lakukan satu persatu hingga semua mahkota (12 sampai 15 lembar) selesai dipasang.
  25. Geser dan rapatkan mahkota ke arah putik sekuat mungkin
  26. Siapkan sehelai plastik sisa guntingan dengan lebar sekitar 3 cm dan panjang sekitar 15 cm. Lilitkan pada dasar (bagian bawah mahkota) untuk mencegah mahkota bergeser-geser
  27. Siapkan sehelai kantong plastik hijau ukuran lebih kurang 4 cm x 20 cm. Gunakan untuk melilit bagian dasar bunga dan tangkai untuk menutup kawat.
  28. Nah, kuntum bunga dahlia dari kantong plastik sudah jadi.
  29. Buat beberapa kuntum. Jika diinginkan kalian dapat membuatnya dengan beragam warna kantong kresek.
  30. Tambahkan daun, dan bunga siap dirangkai dan di dalam vas bunga untuk dipajang.
  31. Bunga dahlia yang cantik sudah jadi

Membuat Berlian dari Sedotan


Alat dan Bahan:

Berikut ini adalah bahan dan alat yang dapat kalian gunakan dalam membuat kerajinan tangan dari sedotan plastik berbentuk pola berlian yang indah. Adapun bahan dan alat yang dapat kalian gunakan dalam membuat kerajinan tangan dari sedotan plastik berbentuk pola berlian adalah sebagai berikut.
  • Sedotan plastik (untuk alasan kebersihan), dianjurkan untuk menggunakan sedotan baru. Tetapi jika tujuan kalian adalah untuk memanfaatkan sedotan plastik bekas yang dikumpulkan dari bekas minuman ringan (softdrink), maka terlebih dahulu cucilah sedotan yang telah dikumpul dengan deterjen dan mungkin diperlukan disinfektan. Rendam sendotan kemudian cuci bersih dan jemur hingga kering.
  • Gunting untuk memotong dan membelah sedotan nantinya.
  • Lem UHU untuk mengunci ujung lipatan sedotan ketika bentuk berlian sudah selesai dibuat.
Tahap Proses Produksi:

Di bawah ini adalah tahap-tahap dalam membuat kerajinan tangan dari sedotan plastik berbentuk pola berlia. Adapun tahap-tahap tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Ambil sebatang sedotan yang telah dibersihkan, atau gunakan yang baru juga bisa. Jika menggunakan sedotan yang dapat dibengkokkan, maka tariklah bagian yang berlipat-lipat sehingga merengang penuh.
  2. Belah sedotan menggunakan dengan menggunakan gunting dari pangkal hingga ujung. Usahakan membuat irisan yang lurus ini agar memudahkan kalian saat melipatnya nanti membentuk dasar (seperti berlian). Caranya, pipihkan terlebih dahulu sedotan plastik kalian, lalu ikuti garis lipatan yang terbentuk sebagai acuan untuk membelahnya.
  3. Lipat ujung sedotan membentuk persegi. Lipatlah sebanyak 3 kali lipatan untuk membuat basis yang tebal dan kuat dari bentuk yang kalian inginkan (bentuk berlian).
  4. Buatlah lipatan segitiga. Caranya, lipat sedotan plastik ke arah samping. Bentuknya keseluruhan batang sedotan dan lipatan-lipatan yang telah dibuat akan seperti huruf L.
  5. Letakkan ujung telunjuk kalian  di antara lipatan persegi dan segitiga, lalu tekuk kedua lipatan itu. Ini adalah bagian yang agak sulit jika kalian belum terbiasa melakukan atau mengerjakannya. Kalian akan membuat basis bentuk berlian menjadi tiga dimensi. Setelah ditekuk maka lipatlah ujung panjang sedotan melingkar dengan mengikuti alur yang akan terbentuk dengan sendirinya.
  6. Gulung terus ujung sedotan panjang hingga ujung telunjuk dapat ditarik dari kedua lipatan basis (persegi dan segitiga).
  7. Ikuti terus alur yang diberikan oleh sisi bentuk berlian kalian, hingga berhasil melipat (menggulung batang sedotan) sampai ke ujungnya.
  8. Ketika kalian sudah sampai di ujung sedotan, selipkan sisanya ke dalam satu sisi yang terbentuk untuk menguncinya. Jika kalian ingin bentuk berlian kalian lebih kuat, kalian dapat mengaplikasikan sedikit lem untuk membuatnya kuat.
  9. Gunting sisa ujung sedotan untuk merapikannya
  10. Bentuk berlian dari sedotan plastik sudah selesai kalian buat. Berlian ini dapat kalian gunakan untuk elemen bahan dekoratif lainnya. Bisa  juga kalian berikan pengait, maka jadilah sebuah anting-anting yang unik. 

Membuat Bunga Cantik dan Indah

Kumpulan 6+ Kerajinan Tangan (Prakarya) dari Bahan Plastik dan Kertas Bekas

Bahan dan Alat:

Berikut ini adalah bahan dan alat yang digunakan dalam membuat bunga dari bahan kertas bekas. Adapun bahan dan alat yang digunakan dalam membuat bunga dari bahan kertas bekas tersebut adalah sebagai berikut.
  • Potongan kertas bekas berwarna hijau, merah, kuning, pink dan masih masih banyak lagi warna yang bisa kalian gunakan sesuai dengan warna kesenangan kalian.
  • Penggaris
  • Cutter
  • Pinset 
  • Gunting
  • Tusuk gigi, tusuk sate, dan lidi kecil.
  • Lem kertas yang kuat (lem putih)
Tahapan Proses Produksi:

Di bawah ini adalah tahapan-tahapan (langkah-langkah) dalam membuat bunga dari bahan kertas bekas. Adapun tahapan-tahapan (langkah-langkah) dalam membuat bunga dari bahan kertas bekas tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Potong kertas secara memanjang dengan lebar 1,5 cm. Sediakan beberapa helai. Kalian akan membentuknya menjadi sebuah pot kecil yang lucu dan menarik. Caranya, gulung kertas tersebut pada sebatang tusuk gigi. Berikan lem pada permulaan gulungan (sesama kertas, bukan pada tusuk giginya), demikian juga pada akhir gulungan agar tidak terbuka. Buatlah gulungan yang cukup tebal, sehingga berbentuk silinder dengan tinggi sekira 2 cm dan berdiameter sekira 1,75 cm. 
  2. Lepaskan tusuk gigi dari silender yang dibuat dengan menariknya, lalu gunting kertas dengan warna yang sama (boleh juga berbeda) dengan lebar sekira 2,75 cm dan panjang sekitar 5 cm. Lipat salah satu sisi panjangnya sekitar 0,5 cm dari pinggir. Kertas ini kita akan gulungkan ke silinder yang baru dibuat. Aplikasikan lem saat menggulung kertas ini dengan rapi. Peran kertas ini adalah sebagai dinding pot kecil, dan gulungan kertas pertama (silinder) adalah sebagai tanah (media tanaman). Lipatan dengan lebar 0,5 cm tadi akan memberi kesan pinggiran atas pot yang lebih tebal. Sedangkan sisi lainnya nanti akan dibentuk menjadi kaki pot dengan cukup menekuknya ke arah dalam (pusat silinder).
  3. Untuk menyiapkan batang bunga. Ambillah sebuah tusuk gigi dan sehelai kertas berwarna hijau dengan lebar 0,3 cm, lalu lilitkan secara spiral ke batang tusuk gigi sehingga batang tusuk gigi tertutupi. Gunakan lem secukupnya agar lilitan tidak mudah terlepas dan tampak rapi. 
  4. Untuk membentuk daun dan mahkota bunya. Bentuk dasarnya adalah gulungan kertas dengan teknik paper quilling. Cara membuatnya, potonglah kertas berwarna hijau dengan lebar 0,3 cm dan panjang 30 cm. Gulung kertas dengan bantuan lidi sehingga di dapatkan bentuk seperti obat nyamuk bakar.
  5. Tutup ujung gulungan dengan menggunakan lem sehingga gulungan tidak terbuka.
  6. Berikan tekanan dengan jari-jari telunjuk dan ibu jari dari tangan kiri dan kanan kalian pada dua sisi lingkaran untuk membentuk 2 buah ujung melancip. Buatlah dua buah bentuk daun yang nantinya akan ditempelkan pada batang bunga biar nampak seperti nyata.
  7. Untuk helaian-helaian mahkota bunga, cara yang digunakan sama seperti membuat daun. Iris tipis kertas dengan lebar 0,3 cm, lalu gulung. Buatlah 5 buah gulungan sama besar dan tutup setiap gulungan dengan lem agar tidak terbuka. Kepada setiap gulungan tersebut, selanjutnya diberi tekanan dengan jari telunjuk dan ibu  jari tangan kanan kalian untuk membentuk satu sisi yang lancip. Akhirnya, akan terbentuk 5 helai mahkota yang masing-masing mirip seperti bentuk tetesan air.
  8. Kemudian, buat sebuah gulungan kertas yang pada dengan lebar 0,3 cm. Caranya mirip dengan cara kalian membuat gulungan pertama untuk media tanam dalam pot mini kalian. Berikan lem pada awal dan akhir gulungan. Gulungan padat ini akan menjadi lingkaran pusat bunga tempat kita menempelkan kelima helai mahkota bunga.
  9. Satukan lingkaran pusat dengan batang bunga, lalu rekatkan satu per satu helaian mahkota ke lingkaran pusat. Saat menyatukan bagian-bagian bunga kertas yang berukuran mini, kalian harus sedikit bersabar untuk menunggu lem kering, agar bagian-bagian yang disatukan tidak terjatuh tercerai-berai. Jika kalian kesulitan memegang benda kecil ini, kalian bisa menggunakan pinset yang sudah disiapkan sebelumnya.
  10. Setelah semua bagian-bagian bunga kertas yang mungil itu disatukan, tusuklah batangnya ke pot yang telah kalian buat tadi. 
  11. Bunga yang cantik dan menarik sudah selesai. Silakan kalian pajang di meja dalam rumah kalian agar terlihat lebih menarik. 

Membuat Boneka Lucu Imut

Bahan dan Alat:
  • Penggaris
  • Cutter
  • Kertas bekas 
  • Lem kertas
  • Spidol atau pulpen
  • Pensil 
  • Guntung
Langkah-Langkah Membuat:
  1.  Gambarlah wajah dari boneka yang akan kalian buat. Agar menarik kalian buat dua gambar, gambar 1 laki-laki dan gambar 2 perempuan, boleh dengan beragam ekspresi dan usia.
  2. Sketsa wajah dapat digambar terlebih dahulu dengan pensil, lalu kemudian ditebalkan dengan pulpen dengan menggunakan pensil warna atau spidol. Membuat gambar wajah ini dengan ukuran diameter wajah lebih kurang 1,5 cm atau 2 cm.
  3. Gunting bagian wajah (kepala) boneka.
  4. Siapkan bahan untuk tangan dan kaki boneka kertas, dengan mengiris kertas memanjang menggunakan cutter dengan lebih kurang 0,5 cm dan panjang lebih kurang 32 cm.
  5. Untuk setiap satu buah boneka kalian memerlukan 8 irisan kertas. Boleh menggunakan warna berbeda atau sama.
  6. Tempelkan ujung-ujung dua irisan kertas sehingga membentuk sudut 90 derajat atau satu sama lain dengan menggunakan lem kertas.
  7. Lipat kertas sehingga membentuk tumpukkan, secara bergantian antara kertas yang satu dengan kertas yang lainnya.
  8. Lipat terus kedua kertas secara bergantian sehingga sampai ke ujung kertas. Tidak perlu terlalu rapi, justru dengan tidak terlalu rapi, bagian tangan dan kaki yang dibentuk seperti akordion ini akan melintir-lintir secara artistik.
  9. Lem ujung lipatan. Jadilah, bagian tangan boneka.
  10. Buat sampai 4 buah lipatan kertas ini (di mana 2 buah akan digunakan untuk tangan, dan 2 buah untuk kaki).
  11. Potong kertas dengan ukuran lebih kurang 4 cm x 8 cm.
  12. Gulung kertas dari sisi panjangnya
  13. Beri lem di sisi lebar kertas sehingga gulungan tidak terbuka
  14. Jadilah sudah badan boneka kertas, dan kalian tinggal siap menyambung semua bagian satu per satu tubuh boneka.
  15. Beri lem bagian belakang sebelah bawah wajah (dagu) boneka kertas.
  16. Rekatkan ke salah satu ujung gulungan kertas (badan boneka)
  17. Rekatkan 2 buah tangan di sisi kanan kiri wajah boneka
  18. Rekatkan pula 2 buah kaki di bagian ujung lainnya dari badan boneka
  19. Akhirnya, boneka imut dan lucu dari kertas bekas sudah selesai. 

Membuat Kerajinan Burung

Kumpulan 6+ Kerajinan Tangan (Prakarya) dari Bahan Plastik dan Kertas Bekas
Alat dan Bahan:
  1. Kertas bekas atau baru
  2. Gunting
  3. Cutter
  4. Lem (Lem Fox)
  5. Mistar (Penggaris)
  6. Alat untuk menggiris (Kaca Lebar)
  7. Lidi atau tusuk gigi
  8. Pensil atau spidol
Proses Produksi:
  1. Potong kertas dengan menggunakan cutter dan mistar pada alas kaca secara memanjang dengan lebar sekitar 3 mm. Buatlah beberapa helaian kertas dengan menggunakan cara ini. Kalau kalian ingin mendapatkan hasil yang lebih menarik dan indah, kalian bisa menggunakan kertas beragam warna.
  2. Ambil sehelai kertas untuk di quilling (digulung). Caranya dengan melilitkannya ke sepotong lidi atau tusuk gigi.
  3. Lepaskan gulungan kertas dari lidi dengan kertas tetap dalam keadaan tergulung.
  4. Biarkan gulungan meregang (lilitan menjadi tidak rapat) sehingga berbentuk seperti bentuk obat nyamuk bakar.
  5. Lem ujung potongan kertas di sebelah gulungan kertas agar bentuknya tidak terurai.
  6. Buatlah beberapa gulungan kertas dengan cara ini, di mana itu adalah bentuk dasar dari bahan prakarya kerajinan quilling kalian.

Membuat Ulat Lucu

Kumpulan 6+ Kerajinan Tangan (Prakarya) dari Bahan Plastik dan Kertas Bekas
Alat dan Bahan:
  • 2 lembar kertas sampul (bufallo bekas)
  • Lem kertas
  • Isolasi transparan lebar 1 cm
  • Doubletape
  • Penggaris
  • Pensil
  • Spidol
  • Pensil warna, crayon, dan cat air
  • Gunting
  • Cutter
Proses Produksi:
  1. Gunting atau potong dengan cutter salah satu kertas sampul bekas berbentuk segi empat dengan ukuran 3 cm x 30 cm. (Badan Ulat)
  2. Beri pola dengan pensil sebagai acuan anak-anak untuk menghias badan ulat. 
  3. Gunting lagi sebuah segiempat dengan ukuran 3 cm x 12 cm. Potongan kertas ini akan dibentuk menjadi kepala ulat.
  4. Berikan pola untuk mata, hidung, dan mulut pada potongan kertas. Lalu mintalah anak untuk menebalkan dan mewarnainya dengan spidol atau krayon.
  5. Gulung kertas sehingga membentuk lingkaran. Tambahkan potongan kertas ukuran 4 cm x 1/2 cm sebagai antena ulat. (Bentuk bisa lurus dan bengkok).
  6. Siapkan salah satu kertas karton sampul bekas lainnya untuk menempelkn ulat. Agar terlihat lebih cantik, kertas bisa kalian beri pola dengan bentuk daun.
  7. Pada bagian bawah gulungan kepala ulat, tambahkan lem atau doubletipe. Rekatkan ke daun yang telah kalian buat sebelumnya.
  8. Pada potongan kertas yang telah diwarnai untuk badan ulat, di bagian bawahnya, rekatkan doubletipe atau oleskan lem pada jarak antara 10 cm.
  9. Tempelkan badan ulat dengan membentuk gelombang pada daun.
  10. Akhirnya ulat cantik dan lucu sudah jadi. Selamat mencoba!


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kumpulan 6+ Kerajinan Tangan (Prakarya) dari Bahan Plastik dan Kertas Bekas

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer