"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Kamis, 30 April 2020

Voli Pantai | Pengertian, Sejarah, Sarana dan Prasarana, Teknik, dan Peraturan Permainan



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengertian, sejarah, sarana dan prasana, peraturan, dan teknik-teknik dalam permainan bola voli pantai. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian, sejarah, sarana dan prasana, peraturan, dan teknik-teknik dalam permainan bola voli pantai. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian, sejarah, sarana dan prasana, peraturan, dan teknik-teknik dalam permainan bola voli pantai.

Voli Pantai | Pengertian, Sejarah, Sarana dan Prasarana, Teknik, dan Peraturan Permainan

Pengertian Voli Pantai

Permainan voli pantai adalah permainan bola voli yang dimainkan di atas pasir pantai yang terdiri dari dua tim yang mana masing- masing tim terdiri atas dua pemain sehingga jika di jumlah, maka total pemain permainan bola voli pantai berjumlah 4 orang. Permainan bola voli pantai merupakan varian dari permainan bola voli.  Tidak jauh berbeda dengan permainan bola voli, permainan ini dimainkan oleh dua tim yang dipisahkan oleh jaring atau net yang di bentangkan di tengah lapangan dan memukul bola dengan menggunakan tangan dengan ukuran lapangan dan bola tertentu. Para pemain berusaha untuk memukul bola melawati atas jaring agar memasuki lantai di daerah lawan dan berusaha menahan bola agar tidak jatuh di area pertahanan sendiri untuk mendapatkan nilai atau poin sebanyak- banyaknya .

Sejarah Permainan Bola Voli


Permainan Voli Pantai dimainkan untuk kali pertama  sekitar tahun 1920-an di di California tepatnya di sebuah kota yang bernama Santa Monica, dikarenakan banyak faktor maka perkembangan untuk permainan bola voli ini sangat lamban, permainan bola Voli Pantai ini mulai terlihat penyebarannya ketika di mainkan di wilayah Eropa sekitar tahun 1930-an dan kemudian mulai  Populer dan banyak dimainkan sekitar tahun 1980-an.

Pada awal  waktu ke populerannya  terdapat dua negara yang selalu menepati urutan terdepan dalam permainan Voli Pantai ini  yaitu Negara Brasil dan USA, kedua negara ini telah sangat lama berkecimpung dan mendominasi Permainan Voli Pantai di setiap kompetisi bola voli pantai Internasional dan  dengan seiring berjalannya waktu perkembangan Voli Pantai mulai masuk ke ranah kawasan  Asia dan Australia sehingga munculah negara ketiga yang mendominasi Permainan Voli Pantai ini setelah Brasil dan Amerika yaitu Negara Australia.

Pada awal  tahun 1990 an Permainan Voli Pantai mulai masuk dan berkembang  di Indonesia,hal ini ditandai dengan keikut sertaan Indonesia pada tahun 1993 dalam Kejuaraan Bola Voli Pantai Asia. Pada even kompetisi itu Indonesia di wakili oleh Zaenal & Dikdik berhasil menjuarai Kejuaran asia Voli Pantai yang digelar di negara Filipina. Dari kemenangan pada kejuaraan itu  team Voli Pantai Indonesia menjadi team yang mulai  diperhitungkan, dan hampir setiap Event Sea Games team indonesia selalu masuk ke dalam 5 besar , dan pada puncaknya pada Sea games Tahun 2009 tim putra Voli Pantai Indonesia berhasil mendapatkan Medali Emas.

Sarana dan Prasarana Permainan Bola Voli Pantai


Berikut ini adalah 3 (tiga) sarana dan prasarana dalam permainan bola voli pantai. Adapun ketiga sarana dan prasarana tersebut adalah sebagai berikut.

1. Lapangan

Ukuran lapangan bola voli pantai adalah sebagai berikut:

Voli Pantai | Pengertian, Sejarah, Sarana dan Prasarana, Teknik, dan Peraturan Permainan

2. Bola

Voli Pantai | Pengertian, Sejarah, Sarana dan Prasarana, Teknik, dan Peraturan Permainan

Ukuran lapangan bola untuk permainan bola voli pantai adalah sebagai berikut :
Warna bola lebih cerah (oranye, kuning, pink, putih, dll)
Diameter Lingkaran / keliling bola (66 - 68 cm untuk FIVB Kompetisi Internasional)
Berat bola (260 - 280 gram)
Tekanan dalam bola (171-221 mbar atau hpa (0,175 - 0,225 kg/cm2).

3. Pemain

Voli Pantai | Pengertian, Sejarah, Sarana dan Prasarana, Teknik, dan Peraturan Permainan

Jumlah pemain untuk permainan bola voli pantai adalah setiap regu terdiri atas 2 pemain. Bisa keduanya pria untuk kelas Men dan keduanya wanita untuk kelas Women.

Teknik Dasar Permainan Voli Pantai


Berikut ini adalah 4 (empat) teknik dasar dalam permainan bola voli pantai. Adapun keempat teknik-teknik tersebut adalah sebagai berikut.

1. Teknik Service

Servis adalah teknik memukul bola untuk menghidupkan permainan .Dalam permainan bola voli pantai terdapat beberapa cara dalam melakukan  servis yaitu servis dengan ayunan tangan dari arah bawah ke atas, servis dengan ayunan tangan dari samping, servis dengan ayunan tangan dari atas, dan yang terakhir adalah jump smash. Didalam melakukan servis ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemain sebelum melakukan servis yaitu sikap badan, pandangan mata, dan waktu atau time atau perkiraan waktu memukul bola servis.

2. Teknik Passing

Teknik Passing adalah teknik meng - over bola kepada kawan untuk mengatur ritme bola sehingga ketika akan menyerang sudah memiliki tumpuan bola yang akurat. Dalam permainan bola voli pantai teknik ini memang sangat diperlukan .terdapat  beberapa jenis passing  dalam permainan bola voli pantai diantaranya passing bawah dan passing atas. 

3. Teknik Smash

Pukulan smash adalah teknik memukul bola dengan keras dan menghujan tepat kearah area pertahanan lawan untuk mendapatkan poin atau nilai. Untuk melakukan pukulan smash ini harus memperhatikan aspek awalan, tolakan, pukulan dan pendaratan tubuh serta posisi lawan.

4. Teknik Blocking

Teknik blocking digunakan untuk meredam serangan lawan dengan menghalangi laju perputaran bola yang datang menuju area pertahanan kita . Teknik ini dilakukan di depan net atau jaring.

Peraturan Permainan Bola Voli Pantai

Permainan bola voli pantai tidak ada pergantian pemain, jadi dari set awal hingga akhir hanya dilakukan oleh dua orang dan tidak ada time out. Dalam permainan bola voli, jika salah satu pemain tidak sengaja atau terpaksa menyeberang ke dalam area pertahanan lawan maka pemain yang melewati bawah jaring tidak dinyatakan melakukan pelanggaran jika pergerakan itu tidak mengganggu gerakan lawan.  

Setiap tim akan mendapat poin jika salah satu pemain melakukan blocking dan membentur net hingga terjadi kontak dengan blocker maka kontak tersebut akan dianggap sebagai satu poin.  Penghitungan poin di dalam permainan voli pantai menggunakan istilah Open hand dinks yakni mengoper bola ke daerah lawan dengan memakai ujung jari. Teknik mengoper bola memakai jari tangan dianggap tidak sah dalam permainan voli pantai. 

Setiap pemain di permainan voli pantai bisa dengan leluasa berpindah posisi dari depan ke belakang atau sebaliknya tidak terikat peran masing-masing.Untuk melakukan servis pada permulaan voli pantai dilakukan secara bergantian tanpa memerlukan putaran pemain.Dalam permainan voli pantai tidak ada pemberian tugas atau peran seperti libero pada voli indor. Untuk voli pantai setiap pemain bisa bebas melakukan smash, blocking, dan umpan sesuai dengan keadaan. Ada ciri khas dari permainan bola voli pantai ini yakni setiap pemain tidak mengenakan sepatu seperti di voli indoor, dan mengenakan kacamata untuk menghindarkan pasir masuk ke mata. 

Tim yang menjadi juara adalah yang sudah memenangkan 2 set dari tiga set yang telah dijalani. Perolehan poin dari setiap set harus mencapai angka 21, dan untuk set ketiga hanya sampai 15 poin saja. Mengenai kostum atau seragam untuk voli pantai untuk wanita memakai dua tipe yakni two piece bikini dan full body suit atau pakaian tertutup, sedangkan untuk pria bisa tanpa pakaian atau menggunakan pakaian dan celana pendek. Setiap pemain diperbolehkan menggunakan kode tangan untuk memulai strategi permainan. Biasanya kode strategi tersebut ditunjukkan di belakang punggung pemain dan tidak terlihat oleh pihak lawan.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Voli Pantai | Pengertian, Sejarah, Sarana dan Prasarana, Teknik, dan Peraturan Permainan

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer