"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Kamis, 16 April 2020

Permainan Bowling dan Arisoft Gun | Pengertian, Penghitungan Skor, dan Cara Memainkan



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan seputar permainan bowling dan airsoft gun dalam pembelajaran PJOK. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang permainan bowling dan airsoft gun dalam pembelajaran PJOK. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami permainan bowling dan airsoft gun dalam pembelajaran PJOK.

Permainan Bowling dan Arisoft Gun | Pengertian, Penghitungan Skor, dan Cara Memainkan
 www.searchpengertian.com

Pengertian Permainan Bowling

'Bowling' atau biasa orang Indonesia menyebutnya 'Bola Gelinding' merupakan Olahraga permainann yang jarang sekali diajarkan di sekolah-sekolah tidak seperti olah raga lain yang lebih populer seperti Sepakbola, Voli, dan Basket. Namun meski demikian kita perlu mengetahui untuk menambah ilmu pengetahuan.

Bowling adalah jenis olahraga atau permainan yang dimainkan dengan menggelindingkan bola khusus menggunakan satu tangan. Bola boling akan digelindingkan ke pin yang berjumlah sepuluh buah yang telah disusun menjadi bentuk segitiga jika dilihat dari atas.

Jika semua pin dijatuhkan dalam sekali gelinding (lemparan) maka itu disebut strike. Jika pin tidak dijatuhkan sekaligus maka diberikan satu kesempatan lagi untuk menjatuhkan pin yang tersisa. Bilamana pada lemparan kedua tidak ada lagi pin tersisa disebut spare. Jika setelah dua kali masih ada pin yang tersisa maka disebut open frame (missed) yang kesemuanya itu akan menentukan perhitungan angka yang didapat dalam setiap game. Pin akan kembali disusun seperti semula untuk frame selanjutnya.

Menghitung Angka dalam Permainan Bowling


Setiap jenis olahraga ada aturan dan cara menghitungnya, hal ini berguna untuk mengtahui pemenang dan yang kalah dalam suatu permainan. Cara perhitungan angka untuk olahraga Bowling adalah:
  1. Setiap permainan mempunyai 10 frame
  2. Setiap frame mempunyai 2 kotak yang melambangkan dua kali kesempatan lemparan
  3. Khusus pada frame ke 10 ada 3 kotak yang artinya bisa mempunyai kesempatan 3 kali lemparan
  4. Skor tertinggi dalam setiap permainannya adalah 300 yang disebut perfect game
  5. Setiap frame strike akan mendapatkan tambahan angka dari 2 lemparan selanjutnya, sedangkan untuk spare mendapat tambahan angka dari 1 lemparan selanjutnya.

Pahami Jalur Bowling

Sebelum Anda mulai bermain, Anda harus mengerti fungsi jalur bowling. Jalur bowling sepanjang 18.288 meter dari garis pelanggaran, garis yang paling dekat dengan pemain, ke kepala pin, pin yang paling dekat dengan pemain. Ada parit di masing-masing sisi bowling lane. Jika bola berbelok keluar dari jalur, ia akan masuk ke dalam parit dan kalah.
  • Area pendekatan sepanjang 4.572 meter dan berakhir di garis pendekatan. Pemain tidak boleh melangkah keluar dari garis pelanggaran pada saat pendekatan, atau lemparannya tidak akan dihitung.
  • Jika bola masuk ke dalam parit dan melompat keluar dan mengenai pin, itu tidak dihitung.

Pahami Pin Bowling

Sepuluh pin diatur pada akhir jalur bowling pada awal tiap susunan. Pin diatur dalam formasi segitiga, dengan ujung segitiga menghadap pemain. Ada satu pin di baris depan, yang merupakan kepala pin, dua pin pada baris kedua, tiga pada baris ketiga, dan empat pada baris keempat.[1]
  • Lokasi pin diberikan nomor 1-10. Pin pada baris belakang bernomor 7-10, pin pada baris di depan baris belakang bernomor 4-6, pin pada baris kedua bernomor 2-3, dan kepala pin nomor 1.
  • Semua pin akan memberikan pemain satu poin jika terjatuh. Nomor berdasarkan lokasi, bukan nilai.

Pelajari Bahasa Khas

Sebelum Anda bisa menjadi pemain bowling sejati, Anda harus mengetahui beberapa istilah bowling. Mengetahui istilah ini akan memudahkan Anda dalam memahami peraturan. Berikut istilahnya:
  • ”Strike” adalah ketika Anda menjatuhkan semua pin pada percobaan pertama.
  • ”Spare” adalah ketika Anda menjatuhkan semua pin pada percobaan kedua.
  • ”Split” adalah ketika bola pertama dalam susunan menjatuhkan kepala pin (pin paling dekat dengan Anda) namun meninggalkan 2 atau lebih pin yang tidak berdekatan. Sangat sulit untuk mendapatkan spare dalam situasi ini, terutama jika Anda memiliki split 7-10, yang merupakan split tersulit untuk dijatuhkan.
  • ”Turkey” merupakan 3 kali strike berturut-turut.
  • Jika ada pin yang tersisa setelah giliran pemain, itu disebut “open frame.”

Pahami Bagaimana Berjalannya Permainan Bowling

Satu permainan bowling terdiri dari 10 susunan. Tiap susunan setara dengan satu giliran untuk pemain. Tujuan pemain adalah menjatuhkan pin sebanyak mungkin dalam satu susunan, idealnya semua pin.

Pemahami Lebih dalam Penilaian

Jika pemain memiliki open frame, ia mendapatkan nilai sebanyak pin yang ia jatuhkan. Jika pemain menjatuhkan 6 pin setelah 2 giliran, ia mendapatkan 2 giliran. Namun, jika pemain mendapatkan spare atau strike, peraturan menjadi sedikit lebih rumit.[2]
Jika pemain mendapatkan spare, ia seharusnya meletakkan tanda garis miring pada lembar penilaiannya. Setelah giliran berikutnya, ia akan mendapatkan 10 poin ditambah jumlah pin yang ia jatuhkan dalam giliran tersebut. Jadi jika ia menjatuhkan 3 pin setelah giliran pertamanya, ia akan mendapatkan 13 poin sebelum giliran keduanya. Jika ia menjatuhkan 2 pin pada giliran keduanya, ia akan mendapatkan total 15 pin untuk susunan itu.
Jika pemain mendapatkan strike, ia seharusnya menulis X pada lembar penilaiannya. Strike akan memberikan pemain 10 poin ditambah jumlah pin yang ia jatuhkan pada dua giliran pemain yang berikutnya.
Nilai paling besar yang bisa didapatkan pemain adalah 300. Ini melambangkan 12 strike berturut-turut, atau 120 pin yang dijatuhkan dalam 12 susunan. Permainan sempurna adalah 12 strike dan bukan 10, karena jika pemain mendapatkan strike pada susunan terakhir, ia bisa mengambil 2 giliran lagi. Jika kedua giliran itu juga strike, ia akan mendapatkan 300 poin.
Jika pemain mendapatkan spare pada susunan terakhir, ia mendapatkan satu giliran lagi.

Pengertian Airsoft Gun


Airsoft gun adalah replika senjata api yang menyerupai bentuk aslinya digunakan untuk olahraga atau permainan yang mensimulasi militer (perang-perangan). Airsoft gun sangat aman digunakan asalkan penggunanya menggunakan pengaman yang memadai dan mematuhi prosedur penggunaan airsoft gun.

Permainan airsoft juga sudah mulai populer di Amerika Utara dan Eropa, khususnya di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jerman, Austria, Swiss, Perancis, Spanyol, Polandia, Portugal, Swedia, Finlandia, Norwegia, Italia, Belgia (yang didatangi pemain dari Belanda karena di negara mereka airsoft ilegal), Denmark, dan Chili, dan semakin menyebar didukung dengan komunitas Internet yang aktif.

Harga yang ditawarkan oleh setiap ritel berbeda-beda, mulai dari harga 1,6 juta hingga harga 4 juta lebih. Untuk jenisnya pun bervariasi, ada airsoft gun spring, electric, dan airsoft gun yang menggunakan gas. Ketiganya memiliki keunggulan masing-masing, baik dari segi harga, daya tembak, maupun kualitasnya.

Istilah dalam Airsoft Gun


AEG “Automatic Electric Gun” atau AEG bertenaga listrik, bisa Rifle atau Sub Machine Gun. Beberapa dilengkapi dengan aksesori dan komponen. AEG dirancang untuk pemain lebih serius atau penggemar Tweaking atau upgrade. AEG menggabungkan dinamo dan baterai dioperasikan untuk menggerakan piston yang menghasilkan tekanan udara. Kebanyakan AEG merupakan unit laras panjang yang menggunakan tembakan otomatis. AEG sudah sangat populer dikalangan pecinta airsoft gun karena penggunaannya yang sangat mudah.

GBB “Gas Blow Back” atau GBB adalah produk yang paling efektif, dalam kinerja senapan GBB, peluru di dorong oleh tekanan dari Gas oksigen (o2) atau Green Gas. Jenis airsoft gun laras pendek adalah jenis airsoft gun yang paling sering menggunakan power dari gas. Bagi anda yang ingin membeli airsoft gun GBB, pastikan dahulu anda mengetahui jenis gas apa yang digunakan.

AEP “Automatic Electric Pistol” sama dengan AEG namun berbentuk pistol rata-rata menggunakan Gearbox besi. Ini jenis airsoft gun yang jarang ada di Indonesia, bahkan kami sangat jarang menyediakan airsoft gun jenis ini.
EBB “Electric Blow Back” sama dengan AEP namun menggunakan Gearbox plastik, dengan efek “blow back” seperti GBB yaitu bagian slide bergerak mundur ketika di tembakan. Jenis ini tidak begitu populer di Indonesia, namun sangat laris di Eropa.

LPEG “Low Power Electric Gun” atau LPEG sama dengan AEG namun menggunakan Gearbox plastik sehingga kecepatan pelurunya terbatas, cocok untuk pemula atau low bajet. Namun, bagi yang ingin serius menekuni dunia airsoft gun, jangan tanggung-tanggung, pilih GBB atau AEG saja langsung.

Hukum Airsoft Gun di Indonesia

Perbuatan memiliki atau membawa Airsoft Gun bukan termasuk tindak pidana yang diatur dalam UU Darurat 12/1951.Dengan kata lain, saat ini memang belum ada aturan tegas soal penyalahgunaan Airsoft Gun.

Jelas, airsoft gun BUKAN senjata api, sehingga memiliki dan membawa airsoft gun bukanlah sebuah tindak pidana. Kecuali dalam penilaian penegak hukum, pemilik airsoft gun menggunakan unitnya untuk melakukan tindakan kriminal, menakuti dan menyebabkan ketidak nyamanan publik, baru disini ada hukum sendiri yang mengatur berdasarkan tindakan apa yang ia lakukan.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Permainan Bowling dan Arisoft Gun | Pengertian, Penghitungan Skor, dan Cara Memainkan

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer