"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Senin, 27 April 2020

Download RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 2 (Revisi Terbaru)



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP  1 lembar (halaman) kelas 5 semester 2 revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak dan Ibu Guru dalam mencari referensi RPP 1 halaman untuk tema 6 sampai dengan 9 revisi terbaru. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang admin bagikan ini secara khusus buat Bapak dan Ibu Guru yang mengajar di kelas 5 semester 2 (dua). Selamat mengajar buat Bapak dan Ibu Guru, kiranya apa yang Bapak dan Ibu Guru ajarkan hari ini dapat menjadi pengetahuan baru bagi anak didik demi masa depan yang lebih baik. 

Download RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 2 (Revisi Terbaru)
Gambar: pixabay.com

Pengertian RPP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus (Kunandar, 2011:263).

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 20 dinyatakan bahwa "Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar", Menurut Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007, komponen RPP adalah: identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan sumber belajar.

Tujuan Utama RPP


Tujuan rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu sebagai berikut.
  1.  Mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses belajar-mengajar.
  2. Guru akan mampu melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program pembelajaran sebagai kerangka kerja logis dan terencana (Kunandar, 2011:264).

Fungsi Utama RPP

Fungsi rencana pelaksanaan pembelajaran adalah sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan belajar-mengajar (kegiatan pembelajaran) agar lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien. (Kunandar, 2011:264).

Unsur-Unsur RPP

Berikut ini adalah beberapa unsu-unsur yang perlu diperhatikan dalam penyusunan RPP. Adapun unsur-unsur tersebut adalah sebagai berikut.
  1.  Mengacu pada kompetensi dan kemampuan dasar yang harus dikuasai siswa, serta materi dan submateri dan sub materi pembelajaran, pengalaman belajar yang telah dikembangkan di dalam silabus.
  2. Menggunakan berbagai pendekatan yang sesuai dengan materi yang memberikan kecakapan hidup (life skills) sesuai dengan permasalahan dan lingkungan sehari-hari.
  3. Menggunakan metode dan media yang sesuai, yang mendekatkan siswa dengan pengalaman langsung.
  4. Penilaian dengan sistem pengujian menyeluruh dan berkelanjutan didasarkan pada sistem pengujian yang dikembangkan selaras dengan pengembangan silabus (Kunandar, 2011:265).

 Langkah-Langkah Menyusun RPP

Berikut ini adalah beberapa langkah-langkah dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Adapun langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Menuliskan identitas mata pelajaran, yang meliputi: sekolah, mata pelajaran, tema, kelas/semester, dan alokasi waktu.
  2. Menuliskan standar kompetensi, standar kompetensi (SK) merupakan kualifikasi kemampuan minimal siswa menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada suatu mata pelajaran.
  3. Menuliskan kompetensi dasar, kompetensi dasar (KD) merupaka sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi.
  4. Menuliskan indikator pencapaian kompetensi, indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjafi acuan penilaian mata pelajaran.
  5. Merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh siswa dengan kompetensi dasar. Tujuan pembelajaran dibuat berdasarkan SK, KD, dan Indikator yang telah ditentukan.
  6. Materi ajar, materi ajar memuat fakta, konsep, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk peta konsep sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.
  7. Alokasi waktu. Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian kompetensi dasar (KD) dan beban belajar.
  8. Menentukan metode pembelajaran. Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa mencapai Kompetensi Dasar (KD) atau indikator yang telah ditetapkan.
  9. Penilaian hasil belajar. Prosedur dan instrumen penilaian hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.
  10. Menentukan media, alat, bahan, dan sumber belajar. Penentuan sumber belajar didasarkan pada Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD), serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.

Pedoman pada Prinsip Pengembangan RPP

Menurut Trianto (2010:108), secara umum dalam pengembangan RPP harus berpedoman pada prinsip pengembangan RPP, yaitu sebagai berikut.
  1. Kompetensi yang direncanakan dalam RPP harus jelas, konkret, dan mudah dipahami.
  2. RPP harus sederhana (1 lembar atau 1 halaman saja) dan fleksibel
  3. RPP yang dikembangkan sifatnya menyeluruh, utuh, dan jelas pencapaiannya.
  4. Harus koordinasi dengan komponen pelaksana program sekolah, agar tidak mengganggu jam pelajaran lain.

Prinsip Penyusunan RPP

Berikut ini adalah sepuluh prinsip penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Adapun kesepuluh prinsip tersebut adalah sebagai berikut.

  1. RPP harus secara utuh memuat kompetensi dasar sikap spritual (KD dari KI-1), sosial (KD dari KI-2), pengetahuan (KD dari KI-3), dan keterampilan (KD dari KI-4).
  2. RPP dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
  3. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik. RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan peserta didik.
  4. Berpusat pada peserta didik. Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspiratif, kemandirian, dan semangat belajar menggunakan pendekatan saintifik meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan.
  5. Berbasis konteks. Proses pembelajaran yang menjadikan lingkungan sekitarnya sebagai sumber belajar.
  6. Berorientasi kekinian. Pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan nilai-nilai kehidupan masa kini.
  7. Mengembangkan kemandirian belajar. Pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik untuk belajar secara mandiri.
  8. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  9. Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antarkompetensi atau antarmuatan. RPP disusun dengan memerhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI, KD, indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  10. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi

Download RPP 1 Lembar Kelas 5 (Lima) Semester 2

Bapak dan Ibu Guru yang terhormat silakan download Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar untuk kelas 5 (lima) semester 2 (dua) di link yang telah admin sediakan dibawah ini. Semoga RPP ini bermanfaat buat Bapak dan Ibu Guru di sekola masing-masing. Selamat mendownload dan terima kasih.
  • RPP 1 Lembar Kelas 5 SD Tema 6 >> DOWNLOAD 
  • RPP 1 Lembar Kelas 5 SD Tema 7 >> DOWNLOAD
  • RPP 1 Lembar Kelas 5 SD Tema 8 >> DOWNLOAD
  • RPP 1 Lembar Kelas 5 SD Tema 9 >> DOWNLOAD
Sumber: kangmartho.com


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Download RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 2 (Revisi Terbaru)

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer