"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Senin, 20 April 2020

Angkat Besi | Pengertian, Sejarah, Jenis, Teknik, dan Peraturan



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengertian, sejarah, jenis, teknik, dan peraturan dalam olahraga angkat besi. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian, sejarah, jenis, teknik, dan peraturan dalam olahraga angkat besi. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian, sejarah, jenis, teknik, dan peraturan dalam olahraga angkat besi.

Angkat Besi | Pengertian, Sejarah, Jenis, Teknik, dan Peraturan
 www.searchpengertian.com

Pengertian Olahraga Angkat Besi

Angkat besi ialah cabang olahraga di mana masing-masing atlit berlomba mengusung beban berat berupa barbel yang dilaksanakan dengan kekuatan, kelentukan, konsentrasi, ketahanan, keseimbangan, teknik, mental, kemampuan, dan yang paling utama adalah kedisiplinan. Angkat besi adalah olahraga mengusung beban. Angkat besi dapat diperlombakan oleh atlit lelaki dan wanita. Olahraga angkat besi mempunyai spesifikasi dan ketentuan sendiri-sendiri seperti cabang-cabang olahraga lainnya. 

Dalam olahraga angkat besi terdapat dua jenis angkatan yang sering dilombakan, yaitu angkatan clean and jerk dan snatch. Setiap divisi dipecah menjadi 2 sub-even, yakni angkatan langsung (snatch) dan angkatan tidak langsung (clean and jerk) dan masing-masing atlit diberi peluang untuk mengusung tiga kali setiap jenis angkatan. Angkatan yang terbaik dari dua jenis angkatan itu akan dijumlah dan juara ditentukan dari peringkat total kedua jenis angkatan tersebut.

Sejarah Angkat Besi

Olahraga angkat besi sudah ada sekitar ribuan tahun lalu. Hampir setiap manusia menguji kekuatannya dan memperlihatkan bahwa dia lebih kuat dari yang lain, dan terdapat ukiran ini oleh semua kemuan kuno. Olahraga angkat besi dikenal abad ke-19, dan di 1891 diselenggarakan Kejuaraan Angkat Besi Dunia pertama. Di tahun 2000 semua wanita pun mulai berpartisipasi dalam olimpide angkat besi. Semua atlit yang menonjol adalah para atlit yang berasal dari Eropa Tengah, Amerika Serikat, dan pada periode berikutnya di mana negara-negara Uni Soviet dan Eropa Timur mendominasi sepenuhnya dan kini negara-negara Timur jauh kini mendominasi, dan negara Cina yang menjadi paling utama.

Perkembangan Olahraga Angkat Besi di Indonesia


Di Indonesia,ada sebuah badan yang menangani seputar angkat besi ,Badan ini bernama PB PABBSI (Persatuan Angkat Berat Besi serta Binaraga Seluruh Indonesia). Beberapa atlet angkat besi di Indonesia telah berprestasi dalam ajang dunia dengan beberapa gelar juara. Kejuaraan dunia serta medali yang diraih dalam sebuah olimpiade yang di selenggarakan saat itu.

Sebagai olahraga yang memang sudal lama ini dimana mempertunjukkan kekuatan para atlet secara langsung dengan mengangkat beban yang berat yang disediakan disana. Kesederhanaan yang terlihat dari sekedar membawa barbel dari lantai ke atas kepala dalam satu atau dua gerakan benar-benar menipu mata anda. Olahraga angkat berat ini tentunya menuntut kombinasi dari tenaga, teknik, kecepatan, konsentrasi serta waktu yang tepat. Atlet angkat berat, alias lifter, dari kelas berat super biasanya dijuluki sebagai pria serta wanita paling kuat di dunia. Namun, apabila dilihat dan diperhitungkan dari kilo per kilonya, lifter kelas  teringan justru tak jarang kali lebih kuat. Angkat berat pria telah menjadi bagian acara semenjak Olimpiade modern pertama dimulai di Athena pada tahun 1896. Wanita yang berpartisipasi dalam olahraga ini pertama kali ketika Olimpiade Sydney pada tahun 2000.

Jenis Angkatan Angkat Besi

Dalam olahraga angkat besi, ada beberapa jenis angkatan yang sering sekali dilombakan baik di indonesia sendiri ataupun di dunia, yaitu angkatan clean and jerk dan juga snatch.

Jenis angkatan clean and jerk merupakan jenis angkatan yang diadakan secara terus menerus tanpa ada jeda sedikitpun, dilakukan dengan mengangkat beban tanpa harus menekuk lutut yang dilakukan selama mungkin, hingga juri membunyikan tanda dengan membunyikan bel sebagai tanda angkatannya dianggap sah.

Snatch Jenis angkatan snatch atlet mengangkat barbel yang dilakukan secara dua tahap. Pertama, atlet harus mengangkat beban dimulai dari lantai hingga batas dada dalam posisi jongkok. Setelah berhenti dan jeda sesaat kemudian atlet harus mengambil ancang-ancang, lalu atlet kemudian membawa barbel hingga posisi kedua tangan lurus berada di atas kepala, dengan posisi berdiri dan dihitung beberapa saat, hingga juri membunyikan bel sebagai tanda angkatan telah dilakukan secara sah.
Kedua tipe tersebut dilombakan secara terpisah, tetapi juga dapat digabung nilai dari skor tiap atlet dihitung berdasarkan dari total beban yang diangkatan oleh kedua tipe yaitu snatch serta clean and jerk.

Teknik Angkat Besi


Berikut ini adalah beberapa teknik dalam olahraga angkat besi. Adapun teknik-teknik tersebut adalah sebagai berikut.

Melakukan pemanasan

Sit up dan push up adalah pemanasan cepat dasar yang perlu dilaksanakan oleh masing-masing atlit angkat besi. Lakukan olahraga pemanasan tersebut sejumlah set sekaligus telah termasuk dengan tidur yang lumanyan singkat diantara semua set. Pertama-tama mulailah dengan 10 pengulangan pada tiap set dan setelahnya ditingkatkan hingga 50 pengulangan.

Peregangan dinamis

Pada kiat angkat besi tidak lupa untuk peregangan dinamis agar otot bisa lebih luwes dan meregang dengan baik. Peregangan dinamis dapat dilakukan agar kekuatan meningkat sekaligus menurunkan risiko cedera pada atlit. Gerakan peregangan dinamis ini bakal meliputi bagian lengan atas dan bawah supaya semua bagian otot bagi bisa meregang sempurna. Hal ini perliu dilaksanakan terutama sebelum melakukan shoulder press. Peregangan dinamis akan menolong juga supaya risiko cedera berkurang.

Set piramida

Dalam olahraga angkat besi, mengerjakan set piramida pun penting sebagai salah satu teknik memaksimalkan perulangan. Tingkatkan jumlah repetisi yang dilaksanakan tiap set dan sangat urgen untuk mengajar satu repetisi di mana dapat dilakukan dengan meningkatkan berat beban secara bertahap sampai tak dapat lagi mengusung beban secara nyaman. 

Pernapasan

Dalam hampir semua olahraga, tidak jarang  teknik pernapasan yang perlu dilatih. Begitu pun saat melakukan latihan angkat besi di mana tubuh kita oksidasi dengan mengembuskan napas melewati mulut sewaktu beban  diusung dan napas kembali di hirup lewat hidung pernapasan saat sedang berlatih.

Pendinginan

Bila berlatih olahraga angkat besi dibuka dengan pemanasan, maka ada pula tahap pendinginan. Kita dapat melakukan latihan digemari atau boleh jika hendak mengulangi pemanasan. Latihan selesai aat kita meregangan tubuh secara ringan. Hal ini akan sangat bermanfaat dalam mengurangi rasa pegal pada otot guna esok harinya.

Peraturan Olahraga Angkat Besi

Dalam olahraga angkat besi dikenal dua jenis angkatan yang sering dilombakan, yakni angkatan clean and jerk dan snatch. Clean dan jerk adalah jenis angkatan langsung tanpa jeda, di mana atlit harus mengangkat beban dari lantai tanpa boleh menekuk lutut sampai kedua tangan mengangkat beban (barbel) lurus ke atas kepala dengan posisi berdiri sempurna beberapa detik, sampai juri membunyikan bel tanda angkatan sah.

Sedangkan snatch atlit mengangkat barbel dalam dua tahap. Pertama, mengangkat beban dari lantai sampai batas dada dengan posisi jongkok. Setelah jeda sebentar untuk mengambil ancang-ancang, atlit kemudian mengangkat barbel sampai kedua tangan lurus di atas kepala, dengan posisi berdiri sempurna beberapa detik, sampai juri membunyikan bel tanda angkatan sah. Kedua jenis angkatan ini bisa dilombakan satu per satu, namun juga bisa digabung sehingga rekor atlit adalah penjumlahan beban maksimal dari total angkatan snatch dan clean and jerk.

Kelas yang Dipertandingkan

Kelas yang dipertandingkan dalam olahraga angkat besi adalah sebagai berikut.
+ 105 kg putra
  • 105 kg
  • 94 kg
  • 85 kg
  • 77 kg
  • 69 kg
  • 62 kg
  • 56 kg
+ 75 kg putri
  • 75 kg
  • 69 kg
  • 63 kg
  • 58 kg
  • 53 kg
  • 48 kg

Aturan Main Olahraga Angkat Besi

  1. Atlet yang total angkatannya paling besar maka akan ditentukan sebagai pemenang.
  2. Setiap atlit mendapat tiga kesempatan untuk menampilkan setiap teknik dan skor total adalah hasil penjumlahan dua percobaan sukses bernilai tinggi.
  3. Beban-beban yang ditempatkan di kedua ujung "bar" (gagang untuk mengangkat beban) menentukan nilai berat yang diangkat sang atlit. Jika ia sukses melakukan satu angkatan, beban untuk angkatan berikutnya ditambah setidaknya 1 kg.
  4. Dalam kompetisi angkat besi pria, panjang bar adalah 2,2 m dan beratnya 20 kg. Bagi perempuan, panjang bar 2,01 m dan beratnya 15 kg.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Angkat Besi | Pengertian, Sejarah, Jenis, Teknik, dan Peraturan

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer