"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Kamis, 05 Maret 2020

Teks Observasi | Pengertian, Menyusun, Menelaah, dan Meringkas



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan seputar teks observasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia meliputi pengertian, cara menyusun, cara menelaah, dan meringkas teks tersebut. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang teks observasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia meliputi pengertian, cara menyusun, cara menelaah, dan meringkas. Semoga ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi teks observasi. Untuk lebih jelasnya bisa kalian simak di bawah ini.

Teks Observasi | Pengertian, Menyusun, Menelaah, dan Meringkas
www.searchpengertian.com

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Teks yang menyajikan hasil-hasil pengamatan atau laporan disebut teks hasil observasi. Teks ini berfungsi menjelaskan suatu objek atau fenomena yang didasari oleh pengamatan. Dalam penyusunannya, teks ini memaparkan fakta-fakta dengan jelas dan terperinci. Syarat-syarat teks observasi yang baik adalah sebagai berikut.
  1. Objek yang akan diamati harus menarik
  2. Objektif
  3. Disusun secara sistematis
  4. Dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya
  5. Menggunakan bahasa yang efektif dan logis

Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kalian gunakan dalam menyusun sebuah teks observasi. Adapun beberapa langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Menentukan objek atau fenomena yang akan ditulis
  2. Membuat daftar aspek-aspek yang akan diamati
  3. Melakukan pengamatan
  4. Mendokumentasikan hasil pengamatan dengan pencatatan, pemotretan, dan perekaman
  5. Mengembangkan hasil pengamatan dalam bentuk teks yang lengkap dan padu

Menelaah Teks Laporan Hasil Observasi

Setelah teks observasi tersusun, langkah berikutnya adalah menelaah teks itu. Kemudian, merevisinya jika ada bagian-bagian yang kurang baik itu berkenaan dengan isi, susunan, maupun penggunaan bahasanya. Untuk lebih jelasnya silakan kalian simak penjelasannya di bawah ini.

1. Perhatikan isi laporan
a. Apakah fakta-faktanya sudah jelas?
b. Apakah fakta-faktanya itu sesuai dengan kenyataan?

2. Perhatikan susunannya
a. Apakah bagian-bagiannya itu sudah lengkap?
b. Apakah hubungan antarbagiannya sudah padu?

3. Perhatikan penggunaan bahasanya
a. Apakah kalimat-kalimatnya sudah efektif?
b. Apakah penggunaan kata-katanya sudah baku?
c. Apakah penulisan sudah sesuai dengan ejaan yang disempurnakan?

Meringkas Teks Laporan Hasil Observasi

Ringkasan adalah penyajian singkat dari suatu teks. Gagasan-gagasan utama teks disusun kembali dan akhirnya menjadi sebuah karangan baru yang ringkas. 

Ringkasan dibuat dengan tujuan untuk mempermudah mengetahui isi sebuah teks. Dengan adanya ringkasan tersebut, waktu yang diperlukan untuk membaca suatu teks akan lebih cepat. Berikut langkah-langkah dalam menyusun ringkasan.
  1. Membaca suatu naskah asli dengan teliti
  2. Mencatat gagasan utama
  3. Menuliskan gagasan utama itu dengan menggunakan kata-kata sendiri secara terpadu.
Selain dengan memperhatikan gagasan-gagasan utamanya, ringkasan dapat pula disusun dengan memperhatikan kata-kata kunci yang ada. Kata-kata kunci yang dimaksud dapat berupa hal-hal berikut.
  1. Ungkapan penekanan, digunakan penulis untuk menunjukkan hal yang penting; contohnya itulah, yang terpenting, pada prinsipnya
  2. Kata simpulan, digunakan untuk mengantar simpulan dari suatu pernyataan dalam suatu paragraf; misalnya: oleh karena itu, maka dari itu, akhirnya, jadi.
Perhatikan paragraf berikut!
Dampak negatif dari usaha perindustrian adalah timbulnya pencemaran. Asap keluar dari cerobong pabrik-pabrik disamping limbahnya. Sisa-sisa bahan industri lainnya juga dapat menimbulkan aneka masalah. Limbah pabrik memerlukan tempat pembuangan khusus karena bila disalurkan ke sungai  atau laut, dapat menimbulkan pencemaran air sungai dan laut.

Gagasan utama paragraf di atas adalah dampak negatif dari usaha perindustrian adalah timbulnya pencemaran. Gagasan itu dapat dijadikan sebagai bahan penulisan ringkasan untuk teks tersebut.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Teks Observasi | Pengertian, Menyusun, Menelaah, dan Meringkas

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer