"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Minggu, 19 Januari 2020

Produk, Karakteristik, dan Kemasan Kerajinan dari Bahan Kayu, Bambu, Rotan, dan Tempurung Kelapa



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan artikel tentang produk, karakteristik, dan kemasan kerajinan dari bahan kayu, bambu, rotan, dan tempurung kelapa dalam pembelajaran Prakarya. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang produk kerajinan dari bahan kayu, bambu, rotan, dan tempurung kelapa dalam pembelajaran Prakarya. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami produk kerajinan dari bahan kayu, bambu, rotan, dan tempurung kelapa dalam pembelajaran Prakarya.

Produk, Karakteristik, dan Kemasan Kerajinan dari Bahan Kayu, Bambu, Rotan, dan Tempurung Kelapa
 www.searchpengertian.com

Produk Kerajinan dari Bahan Kayu, Bambu, Rotan, dan Tempurung Kelapa

Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa produk kerajinan yang terbuat dari bahan kayu, bambu, rotan, dan tempurung kelapa dalam pembelajaran seni budaya. Adapun penjelasan adalah sebagai berikut.

1. Kayu

Kerajinan kayu atau woodcarft merupakan produk yang sudah lama ditekuni masyarakat Indonesia. Setiap daerah memiliki motif kayu atau corak ukir kayu yang mempunyai nilai keindahan dan keunikan tersendiri. Macam-macam kayu yaitu, kayu jati, mahoni, pinus, saeo, nangka, dan kelapa. Di bawah ini adalah contoh hasil kerajinan dari produk kayu.

Produk, Karakteristik, dan Kemasan Kerajinan dari Bahan Kayu, Bambu, Rotan, dan Tempurung Kelapa

2. Ranting Kayu

Ranting kayu merupakan bagian pohon kayu yang bercabang, dari ukuran kecil hingga besar. Teknik yang digunakan kerajinan dari ranting kayu adalah konstruksi (constructing). Ranting pohon dapat dijadikan kerajinan, seperti tempat pensil dan bingkai foto. Berikut ini adalah contoh hasil kerajinan dari produk ranting kayu.

Produk, Karakteristik, dan Kemasan Kerajinan dari Bahan Kayu, Bambu, Rotan, dan Tempurung Kelapa

3. Bambu

Ketersediaan bambu tidak akan habis selama kita selalu menjaga dan melestarikannya. Bambu yang memenuhi syarat untuk dijadikan sebuah kerajinan adalah bambu yang tidak terlalu tua dan juga tidak terlalu muda. Bambu merupakan tanaman yang dapat tumbuh subur di wilayah tropis. Di bawah ini adalah contoh hasil karajinan dari bahan bambu.

Produk, Karakteristik, dan Kemasan Kerajinan dari Bahan Kayu, Bambu, Rotan, dan Tempurung Kelapa

4. Rotan

Rotan merupakan jenis tanaman pinang-pinangan yang hidup memanjat atau merambat dan tumbuh baik di alam tropis. Bagian dari tanaman rotan yang paling banyak dimanfaatkan untuk membuat kerajian adalah batangnya. Getah rotan dapat digunakan sebagai bahan baku pewarnaan pada industri keramik dan farmasi. Di bawah ini adalah contoh hasil kerajinan dari bahan baku rotan.
Produk, Karakteristik, dan Kemasan Kerajinan dari Bahan Kayu, Bambu, Rotan, dan Tempurung Kelapa
5. Tempurung Kelapa

Buah kelapa yang telah diambil dagingnya akan menyisakan sebuah tempurung dan serabut yang dapat dijadikan sebuah kerajinan. Tempurung kelapa berpotensi menjadi  aneka kerajinan tangan yang bernilai seni. Di bawah ini adalah salah satu contoh kerajinan yang terbuat dari tempurung kelapa.

Karakteristik Bahan, Alat, Teknik, dan Proses Pembuatan Produk Kerajinan yang Memili Fungsi Hias


1. Kayu

Untuk mengolah kayu menjadi barang kerajinan, biasanya teknik yang digunakan adalah memahat (carving). Teknik carving adalah teknik pembuatan kerajinan yang dilakukan melalui proses pengambilan bagian-bagian dari bahan yang tidak diperlukan pada material yang dipahat. Dalam memahat, diperlukan desain bentuk yang telah dirancang sebelumnya. Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan gambar di bawah ini.

Produk, Karakteristik, dan Kemasan Kerajinan dari Bahan Kayu, Bambu, Rotan, dan Tempurung Kelapa
2. Bambu

Kerajinan anyaman bambu banyak dijadikan untuk digunakan tikar, dinding rumah tradisional, dan lain sebagainya. Produk seni kerajinan anyaman bambu dapat diolah dengan peralatan yang masih sederhana menggunakan gergaji dan catut bersungut bunda. Bambu yang di pilih, yaitu bambu yang sudah matang dengan ruas yang panjang. Perhatikan gambar di bawah ini.

Produk, Karakteristik, dan Kemasan Kerajinan dari Bahan Kayu, Bambu, Rotan, dan Tempurung Kelapa
3. Rotan

Tahapan pengolahan rotan dimulai dengan penggorengan, penggosokan atau pencucian, pengeringan, pengupasan atau pemolesan atau pemutihan, pengasapan, pelurusan atau pembengkokkan, dan pengawetan. Dalam membuat struktur kerajinan rotan, teknik yang digunakan adalah melengkungkan rotan dengan bantuan panas. Perhatikan gambar di bawah ini.

Produk, Karakteristik, dan Kemasan Kerajinan dari Bahan Kayu, Bambu, Rotan, dan Tempurung Kelapa
4. Tempurung Kelapa

Pengolahan kerajinan dari tempurung kelapa dimulai dengan buah kelapa yang dikupas terlebih dahulu dengan cara memisahkan antara sabut kelapa dan tempurungnya. Pengolahan tersebut dapat dilakukan dengan cara manual menggunakan parang. Untuk lebih memudahkan dalam pengerjaannya, gunakan kaca untuk membersihkannya. Perhatikan gambar di bawah ini.

Produk, Karakteristik, dan Kemasan Kerajinan dari Bahan Kayu, Bambu, Rotan, dan Tempurung Kelapa

Pengemasan Produk Kerajinan dari Bahan Kayu, Bambu, Rotan, dan Tempurung Kelapa


Kerajinan yang berukuran relatif besar sebagian besar tidak dikemas. Kerajinan yang berukuran kecil, agar penampilannya menarik, produknya dikemas. Tujuannya agar terlihat anggun, estetik, dan tahan lama.

Contoh Soal Uji Kompetensi

Berikut ini adalah beberapa contoh soal uji kompetensi materi produk, karakteristik, dan kemasan karajinan dari bahan kayu, bambu, rotan, dan tempurung kelapa dalam pembelajaran prakarya. Adapun contoh soalnya adalah sebagai berikut.

1. Teknik pembuatan kerajinan yang dilakukan melalui proses mengambil bagian-bagian dari bahan yang tidak diperlukan pada material yang dipahat disebut teknik ....
A. cetak
B. putar
C. carving
D. construction

2. Jenis kayu yanh mudah dibentuk dan sifatnya kuat serta tahan lama adalah kayu ....
A. mahoni
B. kembang
C. sengon
D. jati

3. Memiliki karakter tekstur yang alami, berwarna kecokelatan, kuat, dan ringan merupakan ciri-ciri ....
A. rotan
B. bambu
C. ranting kayu
D. tempurung kelapa

4. Hutan tropis di Indonesia menyimpan kekayaan alam berupa ....
A. rotan
B. tempurung kelapa
C. bambu
D. kayu

5. Penghasil rotan di Indonesia terletak di Pulau ....
A. Halmahera, Madura, Biak, dan Flores
B. Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, dan Papua
C. Jawa, Sumatera, Bali, dan Papua
D. Jawa, Lombok, Flores, dan Sumbawa

6. Teknik konstruksi merupakan teknik yang digunakan dalam proses pembuatan kerajinan dari bahan ....
A. bambu
B. rotan
C. tempurung kelapa
D. ranting kayu

7. Cirebon, Jawa Barat, merupakan daerah sentra industri ... terbesar di Indonesia.
A. kerajinan ranting kayu dan rotan
B. kerajinan tempurung kelapa dan mebel kayu
C. kerajinan dan mebel rotan
D. kerajinan anyaman dan bambu

8. Berikut yang bukan bahan dan peralatan utama yang dibutuhkan dalam membuat kerajinan dengan menggunakan bahan kayu adalah ....
A. kuas
B. bor
C. gunting
D. gergaji mesin

9. Pengertian teknik construction adalah proses ....
A. mengambil bagian-bagian dari bahan yang tidak diperlukan agar tercipta bentuk yang diingikan
B. menggabungkan satu bahan dengan bahan lainnya agar menjadi satu-kesatuan yang lebih kuat dan bernilai estetik
C. menempel dua permukaan menjadi satu kesatuan bidang
D. membuat hiasan kaligrafi dalam kuningan

10. Berikut yang bukan fungsi pengemasan untuk kerajinan bahan kayu, bambu, rotan, dan tempurung kelapa adalah ....
A. kemasan dapat meningkatkan nilai citra sebuah produk
B. produk akan sangat sangat sulit untuk diekspor keluar negeri
C. produk terhindar dari goresan yang dapat melukai permukaan bahan
D. produk menjadi kelihatan menjadi lebih estetik dan tahan lama


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Produk, Karakteristik, dan Kemasan Kerajinan dari Bahan Kayu, Bambu, Rotan, dan Tempurung Kelapa

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer