"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Minggu, 27 Oktober 2019

Kumpulan Renungan Singkat Kristiani Sebelum Melakukan Aktivitas Hari Ini



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Selamat datang di searchpengertian. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan beberapa renungan singkat yang akan menemani hari-hari Bapak, Ibu, dan Saudara sebelum melakukan aktivitas hari ini. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan iman kita kepada Tuhan. Dan semoga kita menjadi pribadi yang lebih baik dari kemarin. Bacalah firman Tuhan hari ini sebelum melakukan aktivitas hari ini. Kiranya Tuhan selalu menyertai kita semua kini dan sepanjang masa.

Memelihara Persaudaraan
 Bacaan Filipi 2:1-11

Kumpulan Renungan Singkat Kristiani Sebelum Melakukan Aktivitas Hari Ini

Dalam kehidupan umat manusia sering kita mendengar kata kedamaian. Kata ini dapat berarti hidup damai, tenteram yang merupakan sebuah pendasaran kehidupan untuk membangun dan memelihara kehidupan bersama. Dalam suratnya kepada jemaat di Filipi, rasul Paulus memberi nasihat agar warga jemaat di Filipi tetap memelihara kesatuan kehidupan di dalam Kristus. Kehidupan yang mereka harus pelihara bersumber dari kasih Kristus sebagai sumber nasihat, penghiburan, kasih, persekutuan Roh, kasih mesra, dan belas kasihan (ayat 2-4).

Pendasaran -pendasaran tersebut ditekankan Paulus kepada jemaat di Filipi oleh karena tanpa menggunakan cara hidup yang bersumber dari Kristus maka semua cara hidup jemaat Filipi hanyalah sia-sia adanya. Karena itu jemaat di Filipi diharapkan tetap memelihara kesatuan dalam Kristus yang meliputi kesetiaan yakni tetap bersama-sama memiliki arah hati yang sama kepada Kristus serta pikiran yang dikuasai kebenaran Fiman Tuhan.

Jika kita mengamati perjalanan kehidupan dan keseharian kita, sudakah kita secara pribadi sungguh-sungguh telah memiliki arah hati yang utuh kepada Kristus? Apakah cara pandang kita telah mengacu kepada kebenaran firman Tuhan berdasarkan cara pandang Yesus dalam realitas kehidupan kita? Karena itu, perliharalah persaudaraan dan berhentilah mencari kepentingan diri sendiri apalagi pujian yang sia-sia. Perkuat persaman dan persaudaraan, dan belajarlah memperkuat kebersamaan dengan sesama terlebih sesama orang percaya dan muliakanlah Kristus. Amin

Saling Mendoakan
Bacaan Mat. 15:21-28 

Kumpulan Renungan Singkat Kristiani Sebelum Melakukan Aktivitas Hari Ini

Pada suatu hari Yesus menyingkir kedaerah Tirus dan Sidon. Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: " Kasihinilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita." Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawabnya. Lalu murid-murid-Nya datang dan meminta kepada-Nya: "Suruhlah ia pergi, ia mengikuti kita dengan berteriak-teriak." 

Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel." Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata" Tuhan, tolonglah aku." Tetapi Yesus menjawab: "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing." Kata perempuan itu: "Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya." Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: "Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kau kehendaki." Dan seketika itu juga anaknya sembuh.

Iman perempuan Kanaan yang diceritakan penginjil Mateus dalam perikope Injil hari ini sungguh luar biasa. Dia berseru dengan penuh yakin ketika datang kepada Yesus, "kasihanilah aku, ya Tuhan anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan dia sangat menderita". Melihat imannya yang luar biasa itu, Yesus pun tergerak oleh belas kasihan dan menyembuhkan anaknya. Mukjizat terjadi karena iman dan harapan yang dimiliki, baik secara personal maupun kolektif.

Peristiwa Injil ini mengajak kita untuk saling mendoakan baik sebagai anggota keluarga, komunitas, maupun anggota Gereja dan masyarakat. Semoga kaum ibu dan kaum wanita pada umumnya mampu meneladani perempuan Kanaan dalam Injil hari ini. Sejarah Katolik menunjukkan bahwa tidak sedikit kaum wanita dan para ibu menunjukkan keteguhan iman dan berjuang untuk kebahagiaan dan keselamatan umat manusia. Amin.

Memaknai Iman akan Yesus

Kumpulan Renungan Singkat Kristiani Sebelum Melakukan Aktivitas Hari Ini

Yesus berkata kepada murid-murid-Nya : “Hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap menyala. Dan hendaklah kamu seperti orang-orang yang menanti-natikan tuannya yang pulang dari perkawinan, supaya jika ia datang dan mengetok pintu, segera dibuka pintu baginya. Berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-jaga ketika ia datang. Aku berkata kepadamu : Sesungguhnya ia akan mengikat pingggangnya dan mempersilahkan mereka duduk makan serta ia akan datang melayani mereka. Dan apabila ia datang pada tengah malam atau pada dinihari dan mendapati mereka berlaku demikian, maka berbahagialah para hamba itu.”

Waspada berarti tidak lengah atau menjadikan siap siaga. Kewaspadaan merupakan sebuah tindakan mawas diri untuk tidak terbuai, terlena atau terbenam dalam sesuatu hal. Seseorang yang pinggangnya tetap berikat dan pelitanya bernyala adalah seorang hamba yang siap sedia melayani serta memaknai hidup dan waktunya.

Sikap kewaspadaan yang demikian yang diingatkan oleh Yesus dalam menyikapi dan mengisi hidup dengan iman.

Kewaspadaan ini diajarkan-Nya agar orang yang percaya tetap setia, optimis, seraya mampu menyiapkan diri akan berbagai hal yang akan datang dalam hidup, terutama berkenaan dengan kedatangan kembali Tuhan dalam hidup kita.

“Hendaklah pinggangmu tetap terikat dan pelitamu tetap menyala’ (Luk. 12:35). Sikap setia dan siaga yang dijalankan lahir dengan sepenuh hati karena iman. Iman akan Yesus Kristus inilah yang telah menyelamatkan kita dari dosa dan maut.

Rasul Paulus menegaskan bahwa karena dosa manusia pertama maka maut menjalar kepada semua orang yang telah berdosa. Tetapi oleh kasih karunia Allah dalam diri Yesus Kristus manusia dibenarkan dan diselamatkan untuk hidup kekal (bdk. Rm. 5:21).

Semoga kita semua mampu mengisi hidup dan memaknainya dalam iman akan Yesus yang menyelamatkan, sambil tetap siap siaga akan berbagai godaan dan penyesatan yang menjauhkan kita dari jalan Tuhan.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kumpulan Renungan Singkat Kristiani Sebelum Melakukan Aktivitas Hari Ini

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer