"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Sabtu, 07 September 2019

Pengertian Menelaah dan Contoh Telaah dalam Teks Laporan Percobaan



Daftar Isi [Tampil]
Menelaah adalah kegiatan mengamati dan mengkaji kesalahan-kesalahan isi, struktur, dan tata bahasa teks. Jika kalian menemukan kesalahan-kesalahan dalam teks laporan percobaan yang kalian lakukan, perbaikilah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menelaah adalah mempelajari, menyelidik, mengkaji, memeriksa, menilik. Contoh, kita perlu menelaah buku-buku yang mutakhir.

Pengertian Menelaah dan Contoh Telaah dalam Teks Laporan Percobaan

Langkah-Langkah yang dapat kalian lakukan saat menelaah dan memperbaiki teks laporan percobaan sebagai berikut.
  1. Menandai kata, kalimat, atau makna kata dan kalimat salah.
  2. Memperbaiki kata, kalimat, atau makna kata dan kalimat sesuai unsur kebahasaan.
  3. Menulis kembali teks tersebut sehingga menjadi teks tersebut sehingga menjadi teks laporan percobaan yang baik dan benar.
Saat menelaah struktur teks laporan percobaan, kalian akan menemukan ciri-ciri kebahasaan dari teks laporan percobaan. Berikut ini ciri-ciri kebahasaan yang biasa digunakan dalam teks laporan percobaan.
  1. Memperkenalkan aspek umum atau kelompok (generik), seperti transportasi umum, makanan bergizi, makanan tradisional, mamalia, atau reptilia.
  2. Menggunakan kata tugas hubungan logis, seperti ketika, maka, lalu, atau kemudian. Kata tugas digunakan untuk menjaga tulisan tetap padu atau koheren.
  3. Menggunakan kalimat aktif.
  4. Menggunakan kata kerja aktif untuk menggambarkan proses dan aksi.
  5. Menggunakan kata serapan atau istilah khusus sesuai bidang ilmu yang berkaitan dengan objek yang diamati.
  6. Tidak ada urutan waktu, yang ada urutan kegiatan.
  7. Menggunakan kata benda dan frasa benda dibandingkan kata ganti orang.
  8. Biasanya disertai dengan foto, diagram, atau tabel untuk memperkuat hasil pengamatan.
Contoh Telaah Teks

Telaah 1
Membuat Dodol Rumput Laut

Tujuan

Rumput laut menjadi bahan pangan yang menyehatkan karena tinggi gizi. Akan tetapi tidak semua masyarakat Indonesia tahu cara mengonsumsi rumput laut agar lezat dan nikmat. Ada varian lain bila ingin mengonsumsi rumput laut yakni diolah menjadi dodol rumput laut manis, kenyal, dan kaya manfaat.

Alat dan Bahan

Adapun bahan dan alat yang digunakan untuk membuat dodol rumput laut adalah sebagai berikut.

1. Rumput laut kering atau basah
2. Gula, air, dan garam
3. Perasa makanan
4. Wajan besar
5. Pengaduk
6. Penyaring

Langkah-Langkah
  1. Cuci bersih rumput laut lalu masukkan ke dalam air mendidih yang direbus sebelumnya menggunakan panci atau wajan besar.
  2. Aduk rumput laut sampai sari-sarinya keluar kemudian saring. 
  3. Masak kembali sari rumput laut dan masukkan garam secukupnya. Perasa makanan dan gula sesuai selera.
  4. Setelah mengental cetal dodol dan dinginkan.
 Hasil
Dari rumput laut yang dianggap tidak bervariasi ternyata bisa diubah menjadi makanan yang disukai oleh semua kalangan. Selain itu, proses pembuatannya yang sederhana dan mudah dapat menjadi rekomendasi masyarakat yang ingin mengonsumsi rumput laut namun masih bingung dalam mengolah agar rumput laut lezat.
Kesimpulan
Meski tampak sederhana, namun dodol rumput laut ini selain lezat juga memiliki banyak manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh salah satunya adalah proses metabolisme. Mengolah rumput laut menjadi dodol yang lezat juga dapat meningkatkan nilai jual dari rumput laut dan merupakan komoditi Indonesia.
Telaah 2
Membuat Telur Asin
Telur asin  merupakan telur yang terbuat dari bebek yang menggalami proses pengasinan terlebih dahulu. Telur asin memiliki banyak vitamin dan gizi sehigga mengonsumsinya bermanfaat bagi tubuh. Membuat telur asin dengan cara tradisional sebenarnya sangat mudah karena bahan dan alatnya menggunakan bahan sederhana.

Bahan dan Alat 

Berikut ini bahan dan alat membuat telur asin sebagai berikut.

1. Telur bebek
2. Abu gosok
3. Tanah liat
4. Garam
5. Ampelas
Langkah-Langkah
  1. Pilih telur bebek kemudian cuci dan kulitnya diampelas sampai tipis.
  2. Campurkan tanah liat, garam, dan abu gosok sampai tercampur semua.
  3. Lapisi telur yang sudah diampelas menggunakan bahan yang sudah dicampur tadi.
  4. Diamkan telur pada ruang normal sampai 20 hari atau 3 minggu.
 Hasil
Telur bebek yang dibuat melalui tahap dan proses pembuatan di atas akan menghasilkan telur asin yang sempurna dan lezat serta sangat cocok dikonsumsi dengan nasi. Membuat telur asin sebenarnya merupakan varian lain ketika ingin mengonsumsi telur, khususnya telur bebek yang terkena amis. Dengan pengasinan ini telur menjadi tidak terlalu amis.
Simpulan
Telur asin yang memiliki kandungan gizi yang lengkap ini sangat cocok dikonsumsi oleh masyarakat segala usia. Tapi perlu diingat untuk menghindari konsumsi telur asin bagi yang menderita darah tinggi karena kandungan garam telur asin yang tinggi dapat memicu tekanan darah naik. Tidak dianjurkan juga mengonsumsi dalam jumlah banyak.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Menelaah dan Contoh Telaah dalam Teks Laporan Percobaan

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer