"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Rabu, 18 September 2019

Pengertian Iklan Baris Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia Kelas 8 (Revisi)



Daftar Isi [Tampil]
iklan baris | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian iklan baris lengkap dengan contohnya. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian iklan baris lengkap dengan contohnya. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan belajar anak didik dalam memahami pengertian iklan baris lengkap dengan contohnya.

Pengertian Iklan Baris Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia Kelas 8 (Revisi)

Pengertian Iklan Baris

Iklan baris (classified advertising) adalah salah satu cara promosi barang dan jasa yang umumnya ditemukan di media cetak. Iklan baris merupakan pengembangan dari promosi iklan yang mengutamakan daya tarik gambar dan informasi yang lengkap, serta terperinci. Iklan baris mengutamakan informasi yang paling inti yang perlu diketahui oleh pembaca (peminat barang dan jasa). Oleh karena itu, biasanya iklan baris hanya memuat informasi seperlunya dan hanya membutuhkan beberapa baris saja. Surat kabar biasanya mensyaratkan panjang iklan baris minimal 2-3 baris.

Jenis Iklan Baris

Iklan yang dimuat di surat kabar jika dilihat dari ukurannya dapat dibedakan atas iklan kolom dan iklan baris. Iklan kolom dilihat dari ukurannya lebih besar dari iklan baris. Bahkan, ada iklan yang penuh satu halaman koran. Hal ini tentu memerlukan biaya yang mahal bagi pemasang iklan kolom tersebut. 

Iklan baris adalah iklan yang hanya terdiri atas beberapa baris dalam kolom. Karena terbatasnya jumlah baris dalam kolom yang disediakan, biasanya penulisan iklan baris menggunakan singkatan-singkatan untuk menghemat tempat dan tentu saja menghemat biaya untuk pemasangan. Meskipun hanya terdiri atas beberapa baris, informasi yang disajikan harus lengkap sehingga memudahkan pembaca untuk memahami iklan yang ditawarkan. Selain itu, singkatan-singkatan yang digunakan harus mudah ditafsirkan atau dipahami oleh pembaca.

Contoh Singkatan Iklan Baris

Di bawah ini beberapa contoh singkatan dalam iklan baris yang sering digunakan oleh pembuat iklan.

Singkatan
Kepanjangan
Singkatan
Kepanjangan
cpt
cepat
bb
bebas banjir
rmh
rumah
dkt kota
dekat kota
lt
luas tanah
mrh
murah
lb
luas bangunan
lmr
lamaran
tu
tempat usaha
krdt
kredit
gdng
gudang
dtg
datang
lnti
lantai
lht
lihat

Contoh Iklan Baris

Berikut ini adalah beberapa contoh iklan baris dalam pembelajaran teks iklan. 

Iklan Baris 1
Produsen tas brbhn krts daur ulang, rmh lngkungan, beraneka bntk, mrh & trjngkau. Hub: Rober (081233432123)

Iklan 2
Jl aksesori wnt buatan sndr, mrh meriah brbgai model, tas, dompet, ikt pnggag, scraf & brmcm-mcm akssr rmbt: jpt rmbt, bandana, bando, karet wrn-wrni, topi, dll. Hub: Tuti (081344234567)


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Iklan Baris Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia Kelas 8 (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer