"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Jumat, 13 September 2019

Pengertian Cerpen Anak Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia SMP



Daftar Isi [Tampil]
Teks Cerpen | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengertian tentang cerpen anak lengkap dengan contohnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian dan contoh cerpen anak. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah, khususnya dalam memahami lebih dalam tentang teks cerpen anak dalam bahasa Indonesia. Berikut ini adalah pengertian dan contoh teks cerpen anak.

Pengertian Cerpen Anak Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia SMP

Cerpen anak merupakan cerita pendek yang dibuat untuk menjadi bacaan anak, terutama anak usia sekolah dasar. Cerpen anak muncul pada majalah dan tabloid anak, misalnya Bobo dan Fantasi. Cerpen anak juga terdapat pada halaman khusus anak sejumlah surat kabar dan majalah umum.

Kalimat yang digunakan dalam cerpen anak sangat sederhana. Kata-kata dalam cerpen anak mudah dipahami. Kalimatnya pendek-pendek sehingga maksud cerita mudah dimengerti pembaca. Persoalan yang diangkat dalam cerpen anak adalah peristiwa sehari-hari yan dialami anak. Panjang cerpen anak sekitar dua sampai tiga halaman kuarto dengan spasi ganda. Namun, cerpen anak di surat kabar biasanya lebih pendek dibandingkan dengan cerpen anak di majalah.

Contoh Cerpen Anak

Pesan Mama

Yarda sedang bermain kelereng bersama Soni, Momon, dan Dion di halaman rumahnya yang teduh ketika Mama memanggilnya.

"Da, Yarda, mainnya sudah, dong! Sudah sore, ayo lekas mandi sana!" tegur Mama sambil mengendong Yossy, adik Yarda satu-satunya yang baru berumur setahun. Kelihatannya Mama baru saja memandikan Yossy.

"Sebentar, deh, Ma. Tanggung, nih!" Yarda membantah.

"Sudah jam setengah lima, tuh. Kalau mandinya kesorean, nanti masuk angin," Mama mengingatkan. "Habis mandi nanti kamu ke warung Mbak Iyah, beli minyak tanah dan gula pasir. Pesediaan Mama sudah habis."

Mau tidak mau Yarda menghentikan acara bermainnya. Padahal, ia masih kalah. Dua puluh lima butir kelereng yang tadinya ia bawa, sekarang tinggal lima butir. Ia berambisi sekali membalas kekalahannya itu. Ya, paling tidak modal kelerengnya bisa kembali. Tapi, belum apa-apa Mama telah memanggilnya.

Dengan wajah ditekuk, Yarda berjalan ke arah Mama. Mama tersenyum melihat si sulung yang baru kelas 2 SD itu meski agak bandel, pada akhirnya menuruti juga perintahnya.

"Soni, Dion, Momon, kalian juga harus pulang sebelum orang tua kalian menyusul kemari," Mama menegur teman-teman Yarda. Ketiga anak laki-laki sebaya Yarda pun bubar meninggalkan lokasi bermain mereka.

Memang, halaman rumah Yarda selalu dijadikan tempat bermain anak-anak di kampung itu. Sebab, halaman rumah itulah yang paling luas dan rindang oleh pepohonan dibanding halaman rumah yang lain. Anak-anak sering keasyikan bila sudah di sana sehingga mereka sering lupa waktu.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Cerpen Anak Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia SMP

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer