"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Rabu, 18 September 2019

Eceng Gondok | Alat, Bahan, dan Langkah-Langkah Membuat Kerajinan dari Serat



Daftar Isi [Tampil]
Eceng Gondok | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian eceng gondok, alat dan bahan, serta langkah-langkah pembuatan kerajinan dari bahan dasar eceng gondok dalam pembelajara Prakarya kelas 7. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian eceng gondok, alat dan bahan, serta langkah-langkah pembuatan kerajinan dari bahan dasar eceng gondok dalam pembelajara Prakarya. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian eceng gondok, alat dan bahan, serta langkah-langkah pembuatan kerajinan dari bahan dasar eceng gondok dalam pembelajara Prakarya.

Eceng Gondok | Alat, Bahan, dan Langkah-Langkah Membuat Kerajinan dari Serat

Pengertian Eceng Gondok

Eceng gondok atau enceng gondok adalah salah satu jenis tumbuhan air mengapung. Selain dikenal dengan nama eceng gondok, di beberapa daerah di Indonesia, eceng gondok mempunyai nama lain seperti di daerah Palembang dikenal dengan nama Kelipuk, di Lampung dikenal dengan nama Ringgak, di Dayak dikenal dengan nama Ilung-ilung, di Manado dikenal dengan nama Tumpe. Eceng gondok pertama kali ditemukan secara tidak senggaja oleh seorang ilmuwan bernama Carl Friedrich Philipp von Martius, seorang ahli botani berkebangsaan Jerman padatahun 1824 ketika sedang melakukan ekspedisi di Sungai Amazon Brazil.

Eceng gondok merupakan salah satu jenis tumbuhan mengapung dan memiliki nama Latin Eichhornia crassipes. Eceng gondok sendiri sering dianggap tanaman pengganggu atau liar yang dapat merusak lingkungan perairan. Tumbuhan ini hidup di kolam dangkal, danau, rawa, sungai, saluran air, dan tempat penampungan air. Eceng gondok memiliki tinggi 0,4 - 0,8 meter dengan daun tunggal dan berbentuk oval, permukaan daunnya berwarna hijau dan licin.

Berikut ini adalah bahan dan alat dalam membuat kerajinan tas cantik dan memiliki daya jual yang tinggi. Berikut ini adalah cara membuat tas anyaman dari eceng gondok.

Alat dan Bahan Eceng Gondok:
  1. Eceng gondok
  2. Benang
  3. Jarum
  4. Gunting
  5. Pensil
  6. Kertas
  7. Cat minyak warna
  8. Kuas
  9. Aksesoris tambahan (kancing, mata, pita, dan lain-lain)
Langkah-Langkah Eceng Gondok:
Cara membuat tas dari bahan dasar eceng gondok adalah sebagai berikut
  1.  Cari eceng disekitaran sungai atau kalian dapat mencarinya di pengepul eceng gondok.
  2. Cuci dan semprot eceng gondok sampai bersih hingga kotoran dan baunya hilang.
  3. Pisahkan eceng gondok dari tangkai dan daunnya dengan menggunakan gunting.
  4. Setelah kalian melakukan pemilahan, jemur eceng gondok di bawah terik matahari.
  5. Mulailah melakukan penganyaman.
  6. Tentukan pola atau desain tas yang akan dibuat dengan cara menggambarnya pada kertas maupun koran dengan menggunakan pensil. Untuk ukuran dan modelnya disesuaikan dengan selera kalian masing-masing.
  7. Dari pola atau desain yang telah dibuat, guntinglah eceng gondok sesuai dengan pola lalu dijahit. Jangan lupa kalian cat dengan minyak dan berikan aksesoris tambahannya untuk mempercantik tampilan.
  8. Tas cantik dari eceng gondok pun sudah jadi dan siap untuk dipakai sendiri maupun untuk dipasarkan.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Eceng Gondok | Alat, Bahan, dan Langkah-Langkah Membuat Kerajinan dari Serat

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer