Rangkuman Materi Membaca Teks Sastra | USBN Bahasa Indonesia Kelas IX

searchpengertian.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan rangkuman materi membaca teks sastra dilengkapi dengan contoh soal terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar rangkuman materi membaca teks sastra dilengkapi dengan contoh soal terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 9.

Rangkuman Materi Membaca Teks Sastra | USBN Bahasa Indonesia Kelas IX

Gambar: freepik.com

A. Menentukan Isi Tersurat Teks Sastra

Informasi atau makna tersurat merupakan makna yang dinyatakan atau tertulis secara langsung di dalam teks. Informasi tersurat teks dapat ditemukan dengan mudah karena seluruh informasinya hanya merujuk pada isi teks. Namun, tetap dibutuhkan pembacaan teks secara mendalam agar isi teks dapat dipahami secara utuh.

B. Menentukan Makna Kata/Istilah pada Teks Nonsastra

Makna kata yang dimaksud pada teks nonsastra identik dengan makna leksikal, yaitu makna yang terdalam di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Makna kata atau makna istilah tentu tidak lepas dari konteks kalimat. Terkadang, sebuah kata memiliki lebih dari satu makna. Oleh sebab itu, ketika menentukan makna kata, kalian harus memperhatikan kesesuaian makna dan konteks dalam kalimat.

C. Menentukan Ide Pokok

Ide pokok adalah topik utama atau inti pembahasan dalam teks. Ide pokok dikembangkan menjadi kalimat utama dan kalimat penjelas. Paragraf yang memiliki kalimat utama di awal paragraf disebut paragraf deduktif. Sementara itu, paragraf yang memiliki kalimat utama di akhir paragraf disebut paragraf induktif. Sebuah paragraf yang baik memiliki satu ide pokok. Ide pokok disebut juga gagasan utama, pikiran utama, atau pikiran pokok. Hal yang perlu dicermati adalah ide pokok berbeda dengan kalimat utama. Ide pokok berbentuk kelompok kata sedangkan kalimat utama berbentuk kalimat lengkap.

D. Menyimpulkan Inti Bagian Teks

Menyimpulkan isi teks adalah menyatukan pendapat berdasarkan hal-hal yang diuraikan di dalam teks. Simpulan teks dinyatakan berupa pendapat akhir yang berisi informasi teks secara lengkap. Kegiatan menyimpulkan isi teks dilakukan dengan merangkai seluruh informasi penting menjadi pernyataan yang singkat dan padat. Dalam hal ini, kalimat utama merupakan bagian yang harus dicermati karena mengandung informasi utama. Namun, perlu kalian perhatikan bahwa kalimat utama bukanlah rumusan simpulan.

E. Menyimpulkan Isi Tersirat dalam Teks Nonsastra

Informasi tersirat dalam teks dapat disajikan secara implisit. Untuk menemukannya, pembaca harus dapat memahami isi teks secara keseluruhan. Dengan memahami isi teks, pembaca akan dapat menarik simpulan dari teks tersebut sekaligus menemukan isinya.

F. Membandingkan Isi Teks Nonsastra

Ada berbagai jenis teks, seperti teks narasi, eksposis, persuasi, dan deskripsi. Jenis teks tersebut memuat informasi yang berbeda serta dikembangkan melalui berbagai pola penyajian. Membandingkan isi teks adalah upaya mencari persamaan dan perbedaan sesuai dengan fakta yang terdapat dalam dua teks tersebut.

G. Memetakan Isi Teks

Memetakan isi teks adalah suatu strategi yang dapat digunakan untuk memudahkan kalian dalam memahami isi bacaan. Memetakan isi teks dapat dilakukan dengan cara membuat peta konsep atau peta pikiran. Peta konsep digunakan untuk menunjukkan berbagai ide terkait konsep tertentu. Konsep biasanya ditampilkan di tengah, sedangkan gagasan lain ditampilkan di berbagai cabang dengan arah berbeda.

H. Menilai Isi Teks

Menilai isi teks termasuk kegiatan memberikan tanggapan terhadap isi teks. Menurut KBBI, tanggapan adalah sambutan terhadap ucapan (kritik, komentar, dan sebagainya). Menilai isi teks harus dilakukan secara logis ( masuk akal dan benar menurut penalaran). Langkah-langkah dalam menilai is teks, antara lain, mencermati isi teks, menemukan pendapat atau opini dalam teks, dan memberikan komentar terhadap pendapat dalam teks secara logis berdasarkan fakta dan data yang benar.

Kumpulan contoh soal membaca sastra dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam USBN bahasa Indonesia kelas 9.

1. Hujan lebat disertai badai yang terjadi mengakibatkan banjir bandang di sejumlah kawasan Kota Padang. Akibatnya, 8 orang dikabarkan hilang, 20 rumah rusak berat. Tidak hanya itu, beberapa jembatan putus, puluhan hektar swah rusak, hewan ternak hanyut, dan ribuan orang terkena dampaknya
Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ....
A. Bantuan untuk korban banjir disalurkan tim sukarelawan.
B. Penyebab bencana banjir adalah penebangan liar.
C. Banjir bandang di Kota Padang mengakibatkan kerugian besar.
D. Padang dilanda banjir sehingga melumpuhkan aktivitas warga.

2. Sebaiknya, brokoli dimasak atau direbus dengan air mendidih dalam kondisi setengah matang. Tambahkan garam untuk membunuh kuman, lalu tiriskan sebentar! Siram dengan air dingin! Fungsi air dingin untuk mempertahankan warna dan memperlambat proses pemasakan brokoli. Dalam kondisi seperti ini, brokoli dapat disimpan 2—3 hari dalam lemari pendingin dan aman dikonsumsi.
Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. fungsi garam dan penirisan brokoli
B. cara mempertahankan warna brokoli
C. cara menyimpan brokoli
D. daya tahan brokoli

3. Kelapa sawit berbentuk pohon. Tingginya dapat mencapai 24 meter. Akar serabut tanaman kelapa sawit mengarah ke bawah dan samping. Selain itu juga terdapat beberapa akar napas yang tumbuh mengarah ke samping atas untuk mendapatkan tambahan oksigen.
Pernyataan yang sesuai isi paragraf di atas adalah ....
A. Akar napas kelapa sawit mengarah tegak ke atas.
B. Akar napas kelapa sawit berfungsi untuk mengeluarkan oksigen.
C. Tinggi pohon kelapa sawit mencapai 24 cm.
D. Kelapa sawit berakar serabut.

4. Sani seseorang siswa baru di kelas kami. Anaknya pendiam, tetapi murah senyum. Melihat penampilan dia yang banyak diam, banyak teman mengira Sani seorang siswa biasa-biasa saja. Akan tetapi, pada saat ulangan dan hasilnya diumumkan, nilai Sani selalu yang tertinggi. Seperti kata peribahasa ....

Peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ....
A. seperti ilmu padi, kian berisi, kian merunduk
B. pikir itu pelita hatiair beriak tanda tak dalam
C. air yang tenang menghanyutkan
D. memikul di bahu, memikul di kepala

5. Apakah kamu tahu? Sayuran hijau memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Kandungan zat gizinya seperti vitamin, zat besi, dan serat sangat diperlukan tubuh kita. Vitamin bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat. Zat besi bermanfaat membantu proses pembentukan sel darah merah. Sementara itu, serat sayuran berguna untuk melancarkan pencernaan. Zat-zat gizi tersebut di antaranya terdapat pada bayam, kangkung, brokoli, dan daun singkong.

Pernyataan yang sesuai paragraf di atas adalah ....
A. Sayuran hijau mengandung semua zat gizi yang diperlukan tubuh.
B. Kandungan gizi pada sayuran hijau, seperti serat, vitamin, dan zat besi.
C. Sayuran hijau perlu dimasak dengan benar sebelum dikonsumsi.
D. Penderita anemia disebabkan jarang mengonsumsi sayuran hijau.

6. (1) Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan peristiwa bersejarah. (2) Peristiwa tersebut tidak hanya penting diketahui oleh rakyat Indonesia sendiri, tetapi juga harus diumumkan ke seluruh penjuru dunia. (3) Oleh karena itu, beberapa saat setelah proklamasi itu dibacakan oleh Soekarno-Hatta, berbagai usaha dilakukan oleh para pejuang.
Cuplikan di atas mengenalkan fenomena ....
A. pentingnya dunia mengenal peristiwa proklamasi
B. Soekarno Hatta sebagai tokoh proklamator Indonesia
C. peristiwa proklamasi sebagai peristiwa bersejarah
D. bangsa Indonesia adalah bangsa yang merdeka

7. Dalam sebuah penelitian tentang minat baca, hanya 22% responden yang menyukai buku digital. Sebagian besar responden lebih menyukai buku cetak meskipun buku digital memiliki beberapa unggulan. Selain alasan kenyamanan mata pada saat membaca, sedikitnya judul buku dalam versi digital juga menjadi alasan responden lebih menyukai buku cetak.
Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ....
A. Buku digital memiliki banyak keunggulan daripada buku cetak.
B. Koleksi buku digital sangat bagus sehingga disukai oleh responden.
C. Kenyamanan mata dalam membaca menjadi alasan memilih buku digital.
D. Hanya sebagian kecil responden menyukai buku digital.

8. Perhatikan teks berikut!
Teks 1
Liburan yang lalu, saya berlibur di rumah nenek. Di sana saya belajar menanam jagung di kebun nenek. Waktu saya mau pulang, tanaman jagung itu sudah tumbuh dengan subur. Saya senang sekali dan berpesan pada nenek agar menjaga dan merawat tanaman jagung yang saya tanam.
Teks 2
Sayang sekali jika liburan tidak diisi dengan hal-hal yang menyenangkan. Aku mengisi waktu liburanku dengan berkunjung ke rumah nenek. Rumah nenek berada di desa sehingga aku dapat melakukan kegiatan yang tidak dapat dilakukan di kota, misalnya bermain di sawah, menanam padi,mandi di sungai, dan lainnya.
Persamaan isi kedua teks di atas adalah ....
A. berlibur di rumah nenek
B. menanam jagung
C. mengisi waktu liburan bersama keluarga
D. main di sawah

9. Sebagai siswa, kita harus bisa mengelola waktu sebaik mungkin. Kapan waktu untuk belajar, bermain, dan beristirahat.
Makna kata mengelola adalah ....
A. mengendalikan
B. menjadikan
C. memilih
D. membuat

10. Perhatikan teks berikut!
Teks 1
Meski banyak proyek perbaikan jalan dilakukan, jumlah jalan rusak di Surabaya masih cukup banyak. Bahkan, beberapa jalan utama yang baru saja diperbaiki, ternyata kini rusak lagi.
Teks 2
Saat ini jalur utama penghubung Anyer-Panarukan itu rusak parah. Kerusakan ini cukup mengejutkan. Sebenarnya jalur itu pernah mengalami kerusakan yang sama dan diperbaiki pertengahan 2018 silam. Namun kini kondisinya kembali rusak.
Persamaan tema kedua teks di atas adalah ....
A. perbaikan jalan utama
B. proyek perbaikan jalan
C. jalur utama jalan
D. kerusakan jalan

11. Banyak orang membuang sampah sembarangan, hal tersebut memicu terjadi banjir yang sedang terjadi saat ini.
Makna kata memicu adalah ....
A. menimbulkan suatu masalah
B. menguatkan suatu masalah
C. memperbesar suatu masalah
D. menambah masalah baru

12. Perhatikan kedua teks berikut!
Teks 1
Bahasa Inggris ternyata sangat diperlukan di dunia kerja. Pada persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif ini, orang yang menguasai bahasa Inggris dengan baik lebih diutamakan daripada orang yang tidak menguasai bahasa Inggris. Oleh sebab itu, kita harus dapat menguasai bahasa Inggris.
Teks 2
Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa yang banyak dipelajari. Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa yang paling banyak dituturkan di dunia. Hal ini disebabkan oleh perkembangan ekonomi Tiongkok yang pesat sehingga membuat banyak orang mempelajari bahasa Mandarin.
Perbedaan isi kedua teks tersebut adalah ....
A. membahas tentang asal muasal bahasa masing-masing
B. bahasa Inggris dan Mandarin merupakan dua bahasa yang berbeda
C. pentingnya menguasai bahasa asing
D. kita harus bersaing dengan menguasai bahasa asing

13. Cita-citaku ingin menjadi guru.
Makna kata cita-cita adalah ....
A. takdir
B. kesukaan
C. keinginan
D. kegemaran

14. Indonesia berada dalam status darurat narkoba. Menurut data yang dirilis Badan Narkotika Nasional (BNN) ada lebih dari lima juga pencandu narkoba di negeri ini. Angka yang memprihatinkan. Terlebih mayoritas pengguna narkoba di Indonesia adalah remaja
Pernyataan yang sesuai untuk teks berita diatas adalah ....
A. Mayoritas pengguna narkoba di Indonesia adalah remaja
B. Pencandu narkoba di Indonesia mencapai seratus juta jiwa
C. Indonesia adalah negara yang mayoritas penduduknya mengonsumsi narkoba.
D. Narkoba adalah sesuatu yang biasa bagi warga Indonesia.

15. Pelestarian hutan Suaka Margasatwa Nantu di daerah Gorontalo sekarang ini semakin terancam. Penyebabnya yaitu adanya penambangan emas secara ilegal. Ada ratusan penambang ilegal.
Ide pokok dari paragraf di atas adalah ....
A. Ancaman terhadap pelestarian hutan di Suaka Margasatwa Nantu
B. Penyebab penambangan ilegal di Suaka Margasatwa Nantu
C. Mencegah penambangan ilegal di wilayah hutan Suaka Margasatwa Nantu
D. Penambangan ilegal di Suaka Margasatwa Nantu

16. Tanah longsor di bulan Maret 2016 dengan nilai kerugian hampir seratus miliar rupiah menjadi bahan perdebatan di antara para warga. Pemerintah kota menyalahkan alam, sementara warga menilai sebagai kesalahan pemerintah kota dalam menjaga lingkungan dan tata ruang kota.
Kapan peristiwa tersebut terjadi ....
A. Pemerintah kota
B. tanah longsor
C. Tahun 2016
D. Warga masyarakat

17. Pupuk organik merupakan jenis pupus yang berasal dari sisa-sisa makhluk hidup. Pupuk organik ini berasal bisa berasal dari kotoran hewan. Selain itu, kotoran manusia juga bisa dibuat menjadi pupuk jenis ini. Sisa-sisa tanaman juga bisa digunakan untuk membuat pupuk organik. Gagasan utama dari paragraf di atas yaitu ....
A. Limbah manusia dapat digunakan sebagai pupuk
B. Definisi pupuk organik
C. Sisa-sisa dari kotoran hewan
D. Pupuk dari kotoran hewan

18. Pertambahan penduduk dan perekembangan industri di wilayah perkotaan memengaruhi permintaan lahan yang kian meningkat. Disisi lain, diperlukan lahan kosong yang dapat dimanfaatkan sebagai daerah resapan untuk menghindari banjir serta penyediaan hutan kota. Hal ini menyebabkan ketidakseimbangan antara luas lahan tersisa dengan kebutuhan. Dengan demikian, kesejahteraan masyarakat akan sulit tercapai

Simpulan teks berita tersebut adalah ....
A. Kesejahteraan masyarakat dipengaruhi keseimbangan persediaan lahan dengan kebutuhan lahan diberbagai sektor
B. Kebutuhan lahan dalam sektor kependudukan dan industri semakin mempersempit persediaan lahan dalam sektor pertanian.
C. kesejahteraan masyarakat sulit tercapai apabila pemerintah tidak hendak memenuhi kebutuhan terhadapa lahan.
D. Ketidakseimbangan persediaan dan kebutuhan lahan menyebabkan ketimpangan sosial masyarakat diwilayah perkotaan

19. Memainkan alat musik sasando tidaklah mudah. Dibutuhkan harmonisasi perasaan dan teknik untuk menciptakan melodi-melodi. Selain itu, keterampilan jari juga dibutuhkan untuk memetik senar seperti kecapi. Ide pokok dari contoh paragraf tersebut adalah ....
A. Teknik bermain Sasando
B. Keterampilan bermain Sasando
C. Bermain alat musik Sasando itu sulit
D. Karakteristik alat musik Sasando

20. Berikut ini yang bukan merupakan langkah-langkah dalam menyimpulkan teks laporan percobaan adalah ....
A. Temukan ide pokok dari setiap paragraf dalam teks tersebut
B. Buatlah kesimpulan berdasarkan ide pokok yang telah ditemukan.
C. Baca dan cermatilah teks laporan percobaan dengan seksama. Setelah itu, tentukan bagian-bagian teks laporan percobaan.
D. Lakukan percobaan dengan mengetahui langkah-langkahnya