70+ Contoh Soal Tari Tunggal Dilengkapi Kunci Jawaban SBdP Kelas VI Terbaru

searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal tari tunggal dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) kelas 6 revisi K13. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak Ibu Guru dan peserta didik dalam mencari contoh soal tari tunggal dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya.

70+ Contoh Soal Tari Tunggal Dilengkapi Kunci Jawaban SBdP Kelas VI Terbaru

Gambar: pixabay.com

1. Pengertian dari tari tunggal adalah ....
A. Tarian yang dibawakan oleh lebih dari satu orang
B. Tarian yang dibawakan oleh satu orang pria saja
C. Tarian yang dibawakan oleh satu orang wanita saja
D. Tarian yang dibawakan oleh satu orang baik pria maupun wanita

2. Fungsi pola lantai pada sebuah tarian adalah ....
A. tampilan tari lebih menarik dan indah
B. memudahkan dalam mengingat gerakan
C. meminimalisasi kesalahan dalam gerakan
D. memadukan gerakan dasar dan gerakan kreasi

3. Penari pria biasanya membawakan tarian tunggal dengan pembawaan yang ....
A. lemah lembut
B. lemah gemulai
C. gagah
D. kompak

4. Tari kreasi adalah tarian daerah yang dipadukan dengan gerakan hasil kreasi seseorang sehingga menciptakan tarian baru ....
A. kreatif, unik, dan menarik
B. lincah, energik, monoton
C. lemah gemulai, kaku, tanpa ekspresi
D. semangat, lucu, dan menarik

5. Tari tunggal biasanya terbagia menjadi tiga jenis, yaitu ....
A. Tari tunggal tradisional, ritual dan modern
B. Tari tunggal tradisional, berpasangan dan kreasi baru
C. Tari tunggal tradisional, berpasangan dan modern
D. Tari tunggal tradisional, ritual dan kreasi baru

6. Pada umumnya tarian ini ditarikan oleh penariputra. Tema yang menjadi sumber tarian ini mengambil dari cerita panji. Cerita ini tentang Raja Klana Sewandana yang sedang jatuhcinta. Nama tarian yang sesuai dengan ciri-ciri tersebut adalah ....
A. Tari Klana Topeng
B. Tari kandangan
C. Tari Pendet
D. Tari Pendet

7. Gerakan tari kreasi diciptakan oleh seorang ....
A. fotografer
B. koreografer
C. sutradara
D. cinematografer

8. dalam seni tari, terdapat tiga macam jenis tari, kecuali ....
A. Tari Permainan
B. Tari Tunggal
C. Tari berpasangan
D. Tari berkelompok

9. Kesan yang timbul pada pola gari lurus adalah ....
A. lembut dan lemah
B. lembut dan kuat
C. sederhana dan kuat
D. sederhana dan lemah

10. Tari tunggal yang memiliki ciri khas daerah tertentu dan biasanya sebagai tontonan masyarakat pada acara pesta rakyat adalah jenis tari tunggal ....
A. kreasi baru
B. tradisional
C. ritual
D. modern

11. Tujuan dari riasan dan busana tari adalah ....
A. mengacu pada pementasan
B. mengaju pada nilai
C. mengacu pada bentuk dan tema tari
D. mengacu pada estetis musik

12. Berikut ini adalah contoh tarian daerah dibawakan secara tunggal, adalah ....
A. Tari legong, tari kelana topeng, tari merak
B. Tari kecak, tari saman, tari serampang duabelas
C. Tari kelana topeng, tari saman dan tari merak
D. Tari merak, Tari saudati, tari piring

13. Tata rias tari tradisional kerakyatan atau biasa disebut dengan tari daerah terbagi menjadi riasan untuk putri dan putra. Yang termasuk rias putra adalah ....
A. rias cantik
B rias lanyap
C. rias tampan
D. rias alus

14. Tari merak berasal dari provinsi ....
A. DKI Jakarta
B. Jawa Barat
C. Jawa Tengah
D. Jawa Timur

15. Tata rias tradisional kerakyatan yang dipakai untuk putri terdiri atas ....
A. rias gagah
B rias tampan
C. rias alus
D. rias lanyap

16. Tari Gandrung berasal dari provinsi ....
A. Jawa Barat
B. Jawa Timur
C. Jawa Tengah
D. Sumatra Barat

17. Properti merupakan seluruh peralatan yang digunakan dalam sebuah pertunjukan tari. Berdasarkan pemanfaatannya, properti dibedakan menjadi dua, yaitu ....
A. dance pop dan stage prop
B. dance modern dan stage prop
C. dance prop dan stage prop
D. dance klasik dan stage prop

18. Sebagai pelajar kita harus melastarikan tari daerah dengan cara ....
A. Menjadi duta tari ke luar negeri
B. Mempromosikan tarian ke sekolah lain
C. Mempelajari dan mengikuti kegiatan menari
D. Selalu menonton pertunjukan tari

19. Setiap perlengkapan yang digunaka untuk menunjang pertunjukan tari, disebut ....
A. Pola Lantai
B. Properti tari
C. Pola tarian
D. Tari kreasi

20. Hal yang berhubungan dengan tinggi rendahnya penari pada saat melakukan gerakan tari disebut ....
A. pola lantai
B. level
C. ruang
D. irama

21. Properti dalam tari merupakan suatu kebutuhan dalam pertunjukan. Segala peralatan yang dipegang, dipakai atau dimainkan oleh seorang penari saat menari adalah ....
A. dance pop
B. dance modern
C. dance klasik
D. dance prop

22. Hal yang berhubungan dengan tinggi rendahnya penari pada saat melakukan gerakan tari disebut ....
A. pola lantai
B`. level
C. ruang
D. irama

23. Segala peralatan yang ditata diatas panggung untuk membantu penyajian tari adalah ....
A. dance prop
B. dance pop
C. stage prop
D. stage pop

24. Gerakan seorang penari yang berjinjit dan melompat termasuk ke dalam level....
A. tinggi
B. rendah
C. sedang
D. biasa

25. Iringan tari adalah salah satu peranan dalam pementasan. Ada dua macam iringan dalam tari, yaitu ....
A. iringan gamelan dan iringan angklung
B. iringan langsung dan tidak langsung
C. iringan internal dan unternal
D. iringan internal dan iringan eksternal

26. Formasi penari berbentuk segitiga dan zig-zag termasuk ke dalam pola....
A. bebas
B. garis lurus
C. melengkung
D. setengah lingkara

27. Sebuah tarian pasti menggunakan musik pengiring atau iringan tari. Fungsi dari iringan tari adalah, kecuali....
A. memberi irama
B. memberi ilusi
C. memberi efek

D. mempertegas ekspresi gerak

28. Formasi penari berbentuk setengah bola dan angka delapan termasuk ke dalam pola....
A. bebas
B. garis lurus
C. melengkung
D. setengah lingkaran

29. Musik iringan tari bersifat bebas sesuai dengan sifat seni sendiri yang bebas. Meskipun bebas tetapi ada aturan yang harus ditaati, yaitu ....
A. rasa estetis
B. rasa ekspresi
C. internal
D. eksternal

30. Formasi penari berbentuk diagonal dan horizontal termasuk ke dalam pola....
A. bebas
B. garis lurus
C. melengkung
D. setengah lingkaran

31. Watak alus atau luruh memerlukan suasana senang yang melambangkan kehalusan jiwa. Hal ini merupakan fungsi iringan musik dalam tari, yakni ....
A. memberi irama
B. memberi ilusi atau gambaran suasana
C. membantu mempertegas ekspresi gerak
D. memberikan dorongan semangat

32. Ketika beberapa penari menggunakan pola sejajar dan diagonal, hal itu akan memberikan kesan....
A. formal
B. manis
C. spiritual
D. lembut

33. Salah satu sebuah pendukung suatu pertunjukan tari adalah busana. Berikut ini yang termasuk fungsi busana dalam tari, yaitu ....
A. menambah keindahan penampilan
B. memberi fasilitas dan membantu gerak
C. membedakan masing-masing peran atau tokoh 
D. membantu menghidupkan suasana panggung

34. Ketika beberapa penari menggunakan pola setengah lingkaran, hal itu akan memberikan kesan....
A. formal
B. manis
C. spiritual
D. lembut

35. Gerak dasar tari pada dasarnya dibagi menjadi tiga gerak inti. Berikut yang termasuk ke dalam gerak dasar tari, kecuali ....
A. mata
B. tangan
C. kaki
D. kepala

36. Ketika beberapa penari menggunakan pola V, hal itu akan memberikan kesan....
A. formal
B. manis
C. spiritual
D. lembut

37. Pola lantai yang biasa dipakai untuk pertunjukan tari kerakyatan adalah ....
A. pola horizontal 
B. pola lengkung
C. pola V
D. pola T

38. Setiap penari memiliki gerak dan pola lantai yang berbeda satu sama lain sehingga memberikan kesanisolasi terhadap masing-masing penari. hal ini merupakan teknik dasar tari berkelompok dengan....
A. pola serempak
B. pola berimbang
C. pola terpecah
D. pola selang-seling

39. Pola lantai yang biasa dipakai untuk pertunjukan tari klasik adalah ....
A. pola lingkaran
B. pola lengkung ular
C. pola setengan lingkaran
D. pola diagonal

40. Setiap penari menarikan sebuah gerakan yang berbeda dan pola lantai yang berbeda dalam satu kelompok. hal ini merupakan teknik dasar tari berkelompok dengan....
A. pola serempak
B. pola berimbang
C. pola terpecah
D. pola selang-seling

41. Unsur tari memiliki beberapa macam pendukung penting dalam pertunjukan tari agar terlihat indah. Unsur utama dalam sebuah tarian adalah ....
A. Gerak
B. Kostum
C. rias
D. iringan

42. Ada perbedaan dari pentas tari dan pentas musik teater. pentas tari tidak menggunakan....
A. musik
B. panggung
C. busana
D. property-set

43. Garis imajinatif sering dilakukan oleh kelompok tari diatas panggung. Garis imajinatif yang dilakukan penari diatas panggung merupakan pengertian dari ....
A. garis tari
B. pola lantai
C. garis imajiner
D. garis berpola

44. Penataan cahaya yang tepat akan semakin menampilkan....
A. karakter dan isi dari tarian
B. pesan pencipta gerak
C. penataan busana
D. panggung yang gemerlap

45. Pola lantai dapat juga dilakukan dengan cara mengombinasi antara garis lurus dan garis lengkung. Tujuan dari kombinasi ini adalah ....
A. gerak tampak indah
B. gerak tampak dinamis
C. gerak tampak jelas
D. gerak tampak berpola

46. Busana yang digunakan dalam tari akan selalu mengacu pada....
A. keinginan penonton
B.bentuk dan tema tari
C. kesesuaian harga tiket
D. kemungkinan pesan yang disampaikan

47. Pola lantai yaitu garis imajinatif yang dilalui penari di atas panggung. Pola lantai dapat dibagi menjadi dua yaitu ....
A. pola lurus dan pola lengkung
B. pola lurus dan pola silang
C. pola silang dan pola lengkung
D. pola Transparan dan pola lurus

48. Berikut yang termasuk rias putri yaitu....
A. rias alus
B. rias gagah
C. rias tampan
D. rias lincah

49. Kostum dan properti adalah alat penunjang konsep sebuah tarian, jadi harus disesuaikan dengan konsep yang diambil. Properti yang biasa dipakai oleh tari topeng adalah ....
A. caping
B. kacamata
C. topeng
D. jarik

50. Pengaturan secara keseluruhan busana yang harus dipakai sesuai dengan peran yang dibawakan adalah pengertian dari....
A. tata rias
B. tata busana
C. tata pentas
D. tata panggung

51. Secara umum pola lantai dapat dibagi menjadi dua pola garis besar, yaitu pola garis lurus dan pola garis lengkung. Berikut ini merupakan pola garis lengkung, kecuali ....
A. pola spiral
B. pola lingkaran
C. pola vertikal
D. pola jangkar

52. Perlengkapan yang dipakai Tari Pendet dari Bali dengan hiasan ornamen daun kelapa yang masih muda dengan hiasan motif adalah ....
A. topeng
B. pedang
C. tameng
D. bokor

53. Musik pengiring dibedakan menjadi dua yaitu, musik internal dan musik eksternal. Berikut peragaan tari kreasi yang merupakan musik eksternal adalah ....
A. tepukan tangan
B. kaki yang dihentakan
C. petikan jari
D. suara gendang

54. Tarian yang dimainkan dengan musik internal berupa tepukan tangan, tepuk dada, dan paha, serta bernyanyi merupakan sebuah tarian dengan nama ....
A. Tari Jaipong
B. Tari Saman
C. Tari Jaranan
D. Tari Gambyong

55. Masing-masing tari mempunyai khas gerak yang berbeda. Gerak rampak, gerak lemah lembut, gerak tidak teratur dan sebagainya. Gedheg, pacak gulu merupakan gerak tari pada....
A. kaki
B. tangan
C. tubuh
D. kepala

56. Pengertian dari tari yang berkembang di daerah tertentu yang berpijak dan berpedoman luas pada adaptasi kebiasaan turun-temurun serta dianut oleh masyarakat pemilik tari tersebut adalah ....
A. Tari Klasik
B. Tari Tradisi
C. Tari Kerakyatan
D. Tari Tradisional

57. Ragam-ragam gerak tari ada beberapa macam salah satunya adalah tangan. Gerakan tangan dengan memutar pergelangan tangan berlawanan arah jarum jam, dengan posisi tangan ngithing adalah....
A. ngithing
B. nyempurit
C. ngrayung
D. ukel

58. Pengertian penempatan posisi penari di atas panggung agar terlihat rapi dan tertata dengan baik atau garis imajinatif yang dilakukan penari di atas panggung adalah ....
A. pola lantai
B. pola gerak
C. pola iringan
D. pola ruang

59. Ragam gerak tari dibagi menjadi tiga yaitu ragam gerak kepala, tangan, dan kaki. Dibawah merupakan ragam gerak tangan, kecuali ....
A. sila
B. seblak
C. ukel
D. baya mangap

60. Pada dasarnya pola lantai dibagi menjadi dua yaitu ....
A. pola garis lurus dan melingkar
B. pola garis V dan T
C. pola garis lurus dan lengkung
D. pola garis legkung dan berjajar

61. Tata rias adalah salah satu pendukung pertunjukan tari. Jika seorang penari di beri riasa tari tradisional kerakyatan untuk putra maka nama rias tersebut adalah ....
A. rias cantik
B. rias lincah
C. rias lanyap
D. rias lucu

62. Perlengkapan tari dari tata busana, tata rias, tata panggung, tata gerak memiliki fungsi tersendiri. dibawah adalah fungsi tata busana, kecuali....
A. menambah keindahan penampilan
B. memberi fasilitas dan membantu gerak penari
C. membedakan masing-masing tokoh atau peran
D. memperlihatkan kelemahan penari di dalam perannya

63. Tari yang penggabarannya diambil dari latar belakang cerita, legenda, dongeng dan mitos daerahnya disebut tari kreasi ....
A. berpola tradisi
B. berpola nontradisi
C. kontemporer
D. modern

64. Agar sebuah pementasan tari dapat berjalan dengan baik, teratur, dan sesuai dengan porsinya, alangkah baiknya yang harus disusun terlebih dahulu adalah....
A. busana
B. acara pementasan
C. panggung
D. sarana transportasi

65. Jenis tari yang garapannya melepaskan diri dari pola-pola tradisi, baik dalam koreografi, musik, rias dan busana, maupun tata teknik pentasnya adalah ....
A. tari kreasi berpola tradisi
B. tari kreasi berpola nontradisi
C. tari tradisional
D. tari kontemporer

66. Watak halus dan luruh memerlukan suasana senang yang melambungkan kehalusan jiwa. Hal ini merupkan fungsi iringan music dalam tari, yaitu ....
A. menghidupkan karakter dan peran
B. memberi ilusi atau gambaran suasana
C. membantu mempertegas ekspresi gerak
D. memberikan dorongan semangat

67. Tokoh-tokoh pencipta tari kreasi dari Jawa Barat yaitu R. Tjetje Somantri, Enoch Atmadibrata, dan Nugraha Suradireja. Pencipta tari kreasi cendrawasih adalah ....
A. Huriah Adam
B. R. Tjetje Somantri
C. Enoch Atmadibrata
D. Gusmiati Suid

68. Pada ragam tari Tradisional Sunda terdapat pembagian kepala, tangan dan kaki seperti dalam ragam gerak tari jawa. Ragam gerak adeg-adeg tengah merupakan bagian tari pada ....
A. tangan
B. lengan
C. kaki
D. kepala

69. Fungsi tari sebagai ritual, hiburan, pertunjukan dan komersial. Tari sebagai sarana untuk mencapai kepuasan penciptaan artistik merupakan fungsi tari yang berupa sarana ....
A. ritual
B. pertunjukan
C. hiburan
D. komersial

70. Perlengkapan seperti bokor dengan hiasan ornament daun kelapa yang masih muda (janur) dengan hiasan motif merupakan property dalam tari Bali adalah ....
A. Tor-tor
B. Ketuk tilu
C. Bedhaya
D. Pendet