"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Minggu, 19 Juli 2020

Kumpulan 40+ Contoh Soal Pidato Persuasif | Bahasa Indonesia SMP Kelas IX Dilengkapi Kunci



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal teks pidato persuasif dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas sembilan dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak Ibu Guru dan anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal teks pidato persuasif dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas sembilan dilengkapi dengan kunci jawaban. Dan harapannya, contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami dan mengerjakan soal-soal seputar teks pidato persuasif yang diujikan. Adapun contoh soalnya adalah sebagai berikut.

Kumpulan 40+ Contoh Soal Pidato Persuasif | Bahasa Indonesia SMP Kelas IX Dilengkapi Kunci
1. Perhatikan paragraf berikut!
SMPN 2 kota Bengkulu mengadakan acara perpisahan siswa kelas IX tahun pelajaran 2020/2021 dengan siswa kelas VII dan VIII. Tempat kegiatan di gedung Balai Buntar.
Sambutan yang tepat untuk pembuka teks pidato adalah ....
A. Dengan mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, saya nyatakan acara perpisahan kelas IX  tahun pelajaran 2020/2021 dimulai. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati kita semua.
B. Kami mohon maaf, jika acara ini kurang memuaskan bapak, ibu, saudara. Karena keterbatasan waktu juga, acara ini dapat terlaksana dan segara akan kita mulai.
C. Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berkat rahmat dan ridha-Nya, kita dapat hadir dalam acara perpisahan kelas IX tahun 2020/2021.
D. Sesuai dengan surat undangan yang telah saya terima, hari ini saya akan membicarakan hal-hal yang berkenaan dengan perpisahan yang akan kita laksanakan.

2. Bacalah paragraf berikut!
Ketua OSIS memberikan sambutan pada pembukaan rapat OSIS dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.
Pembukaan pidato yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ....
A. Saudara-saudara pengurus OSIS yang saya hormati, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena pada saat ini kita dapat berkumpul guna membahas rencana kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.
B. Rekan-rekan pengurus OSIS yang saya hormati, kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena pada saat ini kita dapat memeriahkan HUT kemerdekaan RI yang sangat kita cintai ini.
C. Saudara-saudara sekalian, izinkan saya untuk mengulas sedikit pengorbanan para pejuang kita yang telah berhasil merebut kemerdekaan RI dari tangan penjajah.
D. Saudara-saudara, hari ini 17 Agustus negara kita terbebas dari tangan penjajah. Oleh karena itu, marilah kita berterimah kasih kepada para pahlawan kita yang begitu gagah berani dan pantang menyerah dalam berjuang.

3. Salah satu tujuan berbicara adalah ....
A. meyakinkan orang lain
B. tidak meyakinkan siapa pun
C. meyakinkan diri sendiri
D. meyakinkan keluarga dekat

4. Banyak sarana yang bisa digunakan dalam menyakinkan orang lain salah satunya adalah dengan ....
A. menangis
B. tertawa
C. berpidato
D. diam

5. Pada kesempatan yang baik ini marilah kita memanjatkan rasa syukur kita ke hadirat Tuhan yang Maha Esa. Hanya Tuhan yang telah memberikan rahmat dan karunia ini kepada kita sehingga pada siang hari ini bersama-sama dapat menghadiri undangan teman kita yang akan pindah menuju tempat yang baru. 
Selain ungkapan syukur, kutipan di atas menyatakan ....
A. terima kasih kepada tuan rumah
B. undangan kepada para sahabat 
C. puji-pujian kepada Tuhan
D. tujuan berpidato

6. Kegiatan berbicara di depan orang banyak untuk menyampaikan gagasan, ide, ataupun pendapatnya di depan orang lain secara lisan adalah pengertian dari teks ....
A. cerpen
B. tanggapan
C. eksplanasi
D. pidato persuasif

7. Bacalah paragraf berikut!
OSIS SMPN 28 Jakarta mengadakan peringatan Sumpah Pemuda 29 Oktober 1928. Sekaligus mengadakan peresmian bulan bahasa di sekolah tersebut dengan beberapa kegiatan kebahasaan.
Sambutan yang tepat sebagai kata pembukaan pada upacara peresmian tersebut adalah ....
A. Dengan mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, saya nyatakan bulan bahasa 1994 dimulai. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati kita semua
B. Sesuai dengan surat undangan yang telah saya terima, hari ini saya akan membicarakan hal-hal yang berkenan dengan peringatan bulan bahasa.
C. Kami mohon maaf jika acara ini kurang memuaskan bapak, ibu, dan saudara. Karena di samping waktunya yang sangat pendek, juga dana yang terkumpul tidak sesuai dengan anggaran yang kita programkan
D. Marilah kita memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan ridho-Nya kita semua dapat hadir dalam rangka upacara peresmian bulan bahasa 1994.

8.  Demikian sambutan yang dapat kami sampaikan. Maafkan atas kesalahan baik yang kami senggaja maupun yang tidak kami senggaja. Kami sampaikan selamat jalan kepada Bapak Bayu. Semoga Tuhan yang Maha Esa senantiasa melindungi kita semua. 
Cuplikan teks pidato persuasif di atas adalah bagian ....
A. penutup
B. salam pembuka
C. pendahuluan
D. isi

9. Berikut ini  yang tidak termasuk dalam jenis-jenis teks pidato persuasif adalah ....
A. sambutan
B. ceramah
C. pidato instansi
D. mendongeng

10. Jenis pidato yang dapat disampaikan secara tertulis atau lisan adalah pengertian teks pidato jenis ....
A. sambutan
B. pidato pemerintahan
C. pidato instansi
D. ceramah

11. Perhatikan kutipan teks pidato berikut!
Para hadirin yang terhormat,
Izinkan saya mewakili teman-teman menyampaikan kesan selama tiga tahun kami bersekolah di sini. Selama berada di sini, Bapak dan Ibu Guru telah membimbing kami dengan penuh kesabaran. Kami tidak hanya diajarkan ilmu pengetahuan, tetapi juga keterampilan dan budi pekerti. Mudah-mudahan semua itu dapat menjadi bekal kami dalam menghadapi kehidupan di masa yang akan datang.
Cuplikan pidato di atas berisi ungkapan ....
A. terima kasih
B. rasa syukur
C. permintaan maaf
D. harapan

12. Bacalah paragraf berikut!
Sodara-sodara diperbolehkan meninggalkan ruang pertemuan apabila ada izin dari panitia penyelenggara. Itulah salah satu syarat yang diajukan oleh panitia. Akhirnya, pengajuan syarat tersebut dapat diterima oleh hadirin.
Ejaan yang salah dalam paragraf di atas terdapat pada kata ....
A. akhirnya
B. sodara-sodara
C. syarat
D. hadirin

13. Pidato yang berasal dari pemerintah untuk rakyat. Pidato ini berisi informasi resmi menyangkut kebijakan pemerintah dan bentuknya berupa pengumuman adalah pengertian teks pidato persuasif jenis ....
A. sambutan
B. pidato pemerintahan
C. pidato instansi
D. ceramah

14.  Bapak dan Ibu yang saya hormati. Apotek hidup adalah tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat obat yang ditanam di halaman rumah. Tumbuhan yang dipelihara ini dapat dijadikan obat penyakit tertentu. Misalnya daun pepaya, daunnya berguna untuk menyembuhkan malaria.
Isi kutipan teks pidato persuasif di atas adalah ....
A. ajakan membuat apotek hidup
B. contoh tumbuhan yang ditanam di apotek
C. pengertian dan manfaat apotek hidup
D. malaria bisa disembuhkan dengan daun pepaya

15. Bersifat memberi penerangan, penjelasan, pendidikan dan dapat disampaikan melalui media massa, isi pidato harus jelas, tepat, dan pasti adalah pengertian dari teks persuasi jenis ....
A. sambutan
B. pidato pemerintahan
C. pidato instansi
D. ceramah

16. Kita harus memiliki konsep yang jelas apabila ingin membangun bangsa kita.
Sinonim kata yang bercetak miring dalam kalimat di atas terdapat dalam kalimat ....
A. Saya telah menyetujui rencana pembuatan pos keamanan terpadu
B. Ia telah menuls buram surat izin pelaksanaan acara perpisahan
C. Pendapat aparat harus diuji coba sebelum menjadi peraturan
D. Mereka memiliki banyak ide untuk meningkatkan kesejahteraan
17. Bacalah paragraf berikut!
Kesadaran pedagang terhadap pentingnya menjaga kebersihan di sembilan pasar tradisional di Kota Depok sangat rendah. Data Riset Kebersihan Pasar (RKP) Kota Depok 2017 menunjukkan bahwa tingkat kesadaran pedagang akan kebersihan hanya 20%. Sejumlah pedagang juga didapati sering berprilaku "aji mumpung" dengan membawa semua sampah rumah tangga mereka ke pasar untuk dibuang di sana. Kepala Unit Pelaksana Teknis Pasar Rakyat Cisalak (PRC), Nelson Da Siva Gomes, memaparkan bahwa data yang tengah dihimpun RKP menunjukkan sekira 205 kubik sampah rumah tangga senggaja dibuang di sembilan pasar tradisional di Kota Depok.
Gagasan utama  paragraf tersebut adalah ....
A. Kesadaran pedagang tradisional
B. Kesadaran menjaga kebersihan
C. Kebersihan pasar tradisional
D. Kebersihan pasar di Kota Depok

18. Bacalah paragraf laporan berikut!
1) Kota Jambi hingga kinin masih sering mengalami krisis air bersih. 2) Krisis air bersih tersebut terutama memuncak ketika debit air Sungai Batanghari menurun pada musim kemarau. 3) Penurunan debit air Sungai Batanghari menurun berpengaruh terhadap produksi air bersih PDAM Tirta Mayang Kota Jambi. 4) Penurunan debit air Sungai Batanghari pada musim kemarau bisa saja diatasi dengan memanfaatkan Danau Sipin Kota Jambi sebagai bahan baku PDAM Tirta Kota Jambi sebagai bahan baku PDAM Tirta Mayang. 5) Danau Sipin yang mempunyai luas sekira 42 ha bisa menjadi waduk alami yang mampu memasok bahan baku air bersih PDAM Tirta Mayang.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor ....
A. 4)
B. 3)
C. 2)
D. 1)

19. Bacalah paragraf berikut!
Prestasi olahraga kontingen Indonesia di ajang SEA Games 2017 Malaysia terburuk sepanjang sejarah. Dengan perolehan emas terendah sepanjang sejarah keikutsertaannya, Indonesia hanya menempati urutan kelima di bawah tuan rumah, Thailand, Vietnam, dan Singapura. Aliran dana yang tersendat dan koordinasi antara Kempora dan KONI yang lemah dituding sebagai penyebab. Namun, persoalan prestasi olahraga kita lebih mendasar dari itu. Pembinaan atlet usia dini selama ini masih belum menjadi fokus utama. Kempora belum punya rancangan yang matang terhadap pembinaan olahraga di tanah air.
Simpulan paragraf tersebut adalah ....
A. Prestasi olahraga kontigen Indonesia di SEA Games 2017 buruk karena menempati urutan kelima.
B. Prestasi olahraga kontigen Indonesia di ajang SEA Games 2017 Malaysia terburuk karena memperoleh emas terendah.
C. Prestasi olahraga kontigen Indonesia di ajang SEA Games 2017 Malaysia terburuk disebabkan tersendatnya aliran dana, lemahnya koordinasi, dan pembinaan.
D. Prestasi olahraga kontigen Indonesia di ajang SEA Games 2017 Malaysia terburuk karena Kempora belum punya rancangan yang matang pembinaan olahraga di tanah air.

20. Perhatikan kutipan teks pidato berikut!
Hadirin yang berbahagia,
Kami atas nama wakil teman-teman kelas VII dan VIII mengucapkan terima kasih atas perhatian Bapak dan Ibu Guru beserta kakak siswa kelas IX yang sebentar lagi akan meninggalkan sekolah ini.
Sebagai akhir kata, kami hanya dapat mengucapkan selamat kepada kakak-kakakku siswa kelas IX dan berharap semoga kegemilangan prestasi yang telah dicapai dapat meneladani kami-kami siswa kelas VII dan VIII di sekolah yang kakak tinggalkan.
Pikiran utama paragraf kedua penggalan naskah pidato di atas adalah ....
A. harapan siswa kelas VII dan VIII setelah ditinggalkan
B. ucapan selamat kepada kakak kelas IX yang telah lulus
C. ucapan selamat kepada kakakku kelas IX
D. ucapan selamat beserta ucapan siswa kelas VII dan VIII kepada kakak kelasnya

21. Bacalah paragraf berikut!
Bagaimanakah cara mencukupi kebutuhan akan sayur-mayur dan variasi gizinya? Pekarangan dapat dimanfaatkan untuk membudidayakan  tanaman sayur-mayur. Sementara itu, di sisa lahan pekarangan dapat dibuat kolam untuk budidaya ikan. Jadi, sebagian lahan pekarangan digunakan untuk menanam sayur-mayur dan sebagian lainnya digunakan sebagai kolam ikan.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. cara mencukupi kebutuhan akan sayur-mayur dan variasi gizi
B. pemanfaatan pekarangan untuk membudidayakan tanaman sayur-mayur
C. pembuatan kolam untuk budi daya ikan di sisa lahan pekarangan
D. penggunaan lahan pekarangan untuk sayur-mayur dan kolam ikan

22. Bacalah paragraf laporan berikut!
1) Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. 2) Lingkungan hidup ini mencakup benda hidup dan benda mati. 3) Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak, seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. 4) Benda mati, antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. 5) Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, serta tenteram lahir dan batin.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

23. Jenis pidato untuk menjelaskan sesuatu di hadapan pendengar yang diselingi sesi tanya jawab dengan pendengar adalah pengertian teks pidato persuasif jenis ....
A. sambutan
B. pidato pemerintahan
C. pidato instansi
D. ceramah

24. Kata yang menggunakan kata tidak baku adalah ....
A. Polisi memberikan isyarat agar kami segera menepi
B. Orang tua harus bisa menjadi suri teladan bagi anak-anaknya
C. Jangan khawatir, persediaan barang masih banyak
D. Kita berdoa agar Indonesia tetap aman dan damai

25. Jenis teks pidato terbagi menjadi ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

26. Pidato pada perusahaan pada acara peluncuran produk baru adalah contoh metode pidato persuasif ....
A. pidato memoriter
B. pidato manuskrip
C. pidato impromptu
D. pidato ekstemporan

27. Pidato yang dibacakan Presiden pada acara kenegaraan, misalnya dalam pidato peringatan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia adalah contoh pidato dengan menggunakan metode ....
A. pidato memoriter
B. pidato manuskrip
C. pidato impromptu
D. pidato ekstemporan

28. Pidato pada acara baik ulang tahun, syukuran, maupun hajatan tertentu merupakan contoh teks pidato dengan menggunakan metode ....
A. pidato memoriter
B. pidato manuskrip
C. pidato impromptu 
D. pidato ekstemporan

29. Pidato pada saat memperkenalkan produk kepada khalayak adalah pidato dengan menggunakan metode ....
A. pidato memoriter
B. pidato manuskrip
C. pidato impromptu
D. pidato ekstemporan

30. Metode pidato memoriter biasa juga disebut dengan ....
A. hafalan
B. naskah
C. pidato dadakan
D. catatan kecil

31. Camat mengundang masyarakat di wilayahnya, termasuk pula siswa dan guru-guru untuk memperingati jasa-jasa Ki Hajar Dewantara.
Bahasa pembukaan pidato yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ....
A. Saudara sekalian, khususnya para pendidik yang berbahagia. Kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena saat ini kita dapat berkumpul memperingati jasa pahlawan nasional, Ki Hajar Dewantara.
B. Akhirnya, marilah pada kesempatan ini kita mengheningkan cipta dan berdoa. Semoga arwah almarhum Ki Hajar Dewantara diterima oleh Allah serta ditempatkan di sisi-Nya
C. Saudara-saudara, perkenankanlah saya mengulangi kembali tentang sikap dan perjuangan Ki Hajar Dewantara yang perlu kita teladani bersama. Berkat jasa beliau anak-anak bangsa sekarang ini dapat mengenyam pendidikan
D. Hari ini tanggal 2 Mei merupakan hari kelahiran Ki Hajar Dewantara. Beliau Bapak Pendidikan Nasional Indonesia yang telah berjuang memerangi kebodohan dan kemiskinan

32. Metode pidato manuskrip biasa juga disebut dengan ....
A. hafalan
B. naskah
C. pidato dadakan
D. catatan kecil

33. Metode pidato impromptu biasa juga disebut dengan ....
A. hafalan
B. naskah
C. pidato dadakan
D. catatan kecil

34. Berdasarkan metodenya teks pidato persuasif terbagi menjadi ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

35. Seseorang yang berpidato dengan cara menghafal dan menuliskan pidatonya terlebih dahulu adalah pengertian teks pidato dengan menggunakan metode ....
A. memoriter
B. manuskrip
C. impromptu
D. ekstemporan

36. Bacalah kutipan teks berikut!
Hal yang paling berarti bagi orang tua adalah ketika bayinya belajar berinteraksi dengan orang terdekat atau orang lain. Saat ia beranjak menjadi batita/balita paling tidak ada lima gerakan tangan yang kalau bisa dilakukan dengan benar supaya bisa membuat orang tuanya dan orang di sekelilingnya bahagia dan  sangat bangga.
Informasi tersurat yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah ....
A. Orang tua yang kurang bahagia jika bayinya dapat berinteraksi dengan orang lain melalui lima gerakan tangan.
B. Orang tua merasa bahagia jika bayinya dapat berinteraksi dengan orang lain melalui lima gerakan tangan.
C. Lima gerakan tangan bayi akan membuat orang tuanya merasa bahagia dan bangga.
D. Bayi yang berinteraksi dengan orang lain akan membuat orang tuanya merasa bahagia dan bangga.

37. Bacalah kutipan teks berikut!
Taman kanak-kanak (TK) adalah jenjang pendidikan tempat anak akan diajarkan menulis, berhitung, dan membaca ini merupakan fondasi untuk anak berusia dini agar bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi.
Informasi tersurat yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah ....
A. Taman kanak-kanak adalah jenjang pendidikan yang mengajarkan anak usia dini menulis, berhitung dan membaca serta fondasi untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya.
B. Taman kanak-kanak adalah jenjang pendidikan yang merupakan fondasi awal anak usia dini untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.
C. Taman kanak-kanak adalah jenjang pendidikan awal yang mengajarkan anak usia dini cara menulis, berhitung, dan membaca sehingga dapat melanjutkan ke jenjang selanjutnya.
D. Taman kanak-kanak adalah jenjang pendidikan yang mengajarkan anak usia dini untuk dapat menulis dan membaca.

38. Saat memperingati HUT ke-59 Kemerdekaan RI di sekolah, Kepala SMPN Jiwan akan memberikan sambutan. Pembaca acara lalu mempersilakan beliau.
Kalimat yang tepat untuk mempersilakan adalah ....
A.Kepada Kepala SMPN Jiwan, waktu dan tempat kami persilakan
B. Yang kami hormati Kepala SMPN Jiwan, kami persilakan dengan hormat
C. Yang terhormat Kepala SMPN Jiwan, kami persilakan
D. Kepala SMPN Jiwan yang kami hormati dipersilakan naik ke atas podium

39. Bacalah kutipan teks berikut.
Perubahan sering kali membuat orang tidak nyaman. Perubahan berarti keluar dari zona nyaman. Reaksi otomatis orang terhadap "ancaman" perubahan adalah menghindar. Ada banyak cara  yang dilakukan orang untuk menghindar. Diantaranya, mengkritik, menganalisis, menyangkal, mengganti topik pembicaraan, mengabaikan, dan lain-lain.
Informasi tersirat terdapat pada kutipan teks tersebut adalah ....
A. Menghindar reaksi otomatis dari perubahan.
B. Perubahan membuat orang merasa tidak nyaman.
C. Mengkritik dan menganalisis cara menghindari perubahan.
D. Banyak orang yang menghindar apabila terjadi perubahan.

40. Seseorang yang berpidato dengan membawa naskah dan naskah tersebut dibaca seutuhnya adalah salah satu metode teks pidato yang disebut dengan ....
A. memoriter
B. manuskrip
C. impromptu
D. ekstemporan


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kumpulan 40+ Contoh Soal Pidato Persuasif | Bahasa Indonesia SMP Kelas IX Dilengkapi Kunci

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer