Download PPT Teks Eksplanasi | Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII (Revisi)

searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan media pembelajaran perangkat ajar PPT powerpoint bahasa Indonesia kelas delapan materi pokok pembelajaran teks eksplanasi revisi terbaru. Semoga media pembelajaran yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak Ibu Guru dalam mencari referensi tentang media pembelajaran perangkat ajar PPT powerpoint bahasa Indonesia kelas delapan materi pokok pembelajaran teks eksplanasi revisi. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi pembelajaran teks eksplanasi.

Download PPT Teks Eksplanasi | Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII (Revisi)

Semoga media pembelajaran perangkat ajar PPT powerpoint bahasa Indonesia kelas delapan materi pokok pembelajaran teks eksplanasi revisi yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak Ibu Guru dalam membuat media pembelajaran yang nantinya akan digunakan baik dalam pembelajaran daring atau langsung digunakan di sekolah. Dan kiranya dengan adanya media pembelajaran perangkat ajar PPT powerpoint bahasa Indonesia kelas delapan materi pokok pembelajaran teks eksplanasi revisi dapat mengurangi beban kerja Bapak Ibu Guru dalam persiapan yang nantinya akan digunakan dalam kelas untuk kebutuhan mengajar. Selanjutnya, admin akan menjelaskan isi pokok dalam media pembelajaran PPT bahasa Indonesia teks eksplanasi.

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan-penjelasan tentang proses mengapa dan bagaimana suatu fenomena alam terjadi, memuat informasi berdasarkan fakta, dan informasi bersifat keilmuan atau (sains). Meringkas isi teks eksplanasi dapat dilakukan dengan beberapa langkah, antara lain sebagai berikut.
  1. Membaca teks secara intensif.
  2. Mencatat gagasan umum atau pokok pikiran dalam tiap paragraf.
  3. Menyimpulkan gagasan umum setiap paragraf menjadi gagasan umum teks.
  4. Menyusun atau menuliskan gagasan umum teks menjadi paragraf sesuai pemahaman.
Selain langkah-langkah meringkas teks eksplanasi ada juga beberapa ciri kebahasaan dalam teks eksplanasi yang sangat perlu untuk diketahui oleh anak didik ketika kita mengajarkan media pembelajaran ini. Adapun ciri-ciri kaidah kebahasaan teks eksplanasi antara lain sebagai berikut.
  1. Menggunakan kata kerja tindakan.
  2. Menggunakan kalimat pasif.
  3. Mengunakan konjungsi yang menunjukkan waktu.
  4. Menggunakan konjungsi sebab akibat.
  5. Menggunakan kata nomina umum dan abstrak.
  6. Menggunakan terminologi teknis atau istilah ilmiah.
  7. Menggunakan majas. 
Silakan Bapak Ibu Guru mendownload media pembelajaran perangkat ajar PPT powerpoint bahasa Indonesia kelas delapan materi pokok pembelajaran teks eksplanasi di link yang telah admin sediakan di bawah ini. Adapun media pembelajaran perangkat ajar PPT powerpoint bahasa Indonesia kelas delapan materi pokok pembelajaran teks eksplanasi revisi yang admin bagikan ino secara khusus buat Bapak Ibu Guru yang mengajar bahasa Indonesia di kelas delapan. Selamat mendownload dan semoga bermanfaat buat kemajuan bersama. Download selengkapnya di link berikut ini!

PPT Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia

DOWNLOAD SEKARANG