"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Kamis, 30 April 2020

Pergaulan Bebas | Pengertian, Ciri-Ciri, Faktor-Faktor, Dampak, dan Cara Mengatasi



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengertian, ciri-ciri, faktor-faktor, dampak, dan cara mengatasi pergaulan bebas. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian, ciri-ciri, faktor-faktor, dampak, dan cara mengatasi pergaulan bebas. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami pengertian, ciri-ciri, faktor-faktor, dampak, dan cara mengatasi pergaulan bebas.

Pergaulan Bebas | Pengertian, Ciri-Ciri, Faktor-Faktor, Dampak, dan Cara Mengatasi
 www.searchpengertian.com

Pengertian Pergaulan Bebas

Pergaulan bebas merupakan bentuk penyimpangan yang melewati batas wajar, tuntunan, aturan, syarat dan perasaan malu. Pergaulan bebas juga dapat diartikan dengan perilaku yang menyimpang dari norma agama dan norma kesusilaan. Memang pergaulan dengan teman-teman merupakan hal yang baik-baik saja bahkan wajar, tetapi jika sudah ada kata bebasnya berarti sudah melewati batas wajar, bahkan mereka merasa terlepas dari berbagai macam aturan-aturan yang sudah ada.

Pergaulan yang positif pastinya memiliki manfaat tersendiri dalam pergaulan, seperti bekerjasama, saling membantu dan saling memanfaatkan satu sama lain. Tetapi akan menjadi bahaya jika pergaulan itu menjadi negatif, inilah yang harus dihindari oleh setiap masyarakat yang masih memiliki akal sehat khususnya para remaja yang masih labil dan mencari jati diri hidupnya. Usia anak remaja merupakan waktu yang sangat mudah untuk terpengaruh oleh berbagai hal sebelum dapat membedakan antara yang baik dan buruk.

Ciri-Ciri Pergaulan Bebas


Dalam setiap pergaulan pasti terdapat tindakan-tindakan yang dilakukan, ini ciri-ciri dalam pergaulan bebas:
  1. Rasa ingin tahu yang sangat besar dan tak terkendali.
  2. Memiliki perilaku yang tidak baik bahkan tidak wajar dan tidak pantas.
  3. Sering menghambur-hamburkan uang untuk memenuhi kebutuhan yang sebenarnya tidak dibutuhkan sama sekali.
  4. Tanda-tanda anak mulai terjerat pergaulan bebas adalah sering menghamburkan uang.
  5. Sering terjadi perubahan emosi, pikiran, perilaku dengan cepat.
  6. Terjerat ke dalam sebuah hal-hal yang sama sekali tidak bermanfaat bahkan membahayakan diri sendiri, seperti pergi ke pesta hura-hura dan memakai obat-obatan terlarang.
  7. Sering memakai pakaian yang terbuka, jika tertutup pastinya ketat dan tidak nyaman untuk dilihat.
  8. Mudah gelisah, tidak sabaran, selalu melawan jika keinginannya tidak terpenuhi, rasa malas yang berlebihan, selalu merasa sombong akan banyak hal.
  9. Sering mengalami tekanan emosi dan mental.
  10. Ingin mendapatkan apa saja yang dia mau seperti harta dan uang dan menghalalkan berbagai macam cara untuk mendapatkannya.

Faktor Penyebab Pergaulan Bebas


Hal yang terjadi dalam setiap pergaulan bebas adalah banyak yang bertolak belakang denngan norma dan aturan-aturan dalam beretika pergaulan. Faktor-faktor penyebab terjadinya pergaulan bebas adalah sebagai berikut:
1. Orang tua yang Kurang Memperhatikan
Ini merupakan faktor utama penyebab terjadi pergaulan bebas, karena orangtua yang tidak terlalu peduli dengan kesehariannya setiap hari, maka berakibat anak akan merasa bebas dan tidak tidak perhatikan oleh orangtua dan merasa lebih diperhatikan oleh teman-temannya.
2. Rendahnya Cara Pendidikan Keluarga
Pendidikan yang jelek dalam keluarga pengaruhnya sangatlah besar yang menjadi penyebab terjadinya pergaulan bebas. Contohnya saja, keluarga memperbolehkan sanga anak untuk bertindak sesuka hati seperti pacaran, pergi ke pesta yang tidak jelas, keluar rumah dalam waktu yang lama dan masih banyak lainnya.
3. Keadaan Keluarga yang Tidak Stabil (Broken Home)
Orangtua yang sering bertengkar juga merupakan faktor anak mudah terpengaruh dengan pergaulan bebas.
Peran keluarga dalam menjadikan anak-anak yang baik sangatlah penting. Jika dalam keluarga terjadi broken home, sudah dipastikan apa yang terjadi dengan anak-anaknya. Jika orangtua bertengkar di depan anak langsung, maka itu akan sangat berpengaruh bagi psikologi anak. Maka si anak menjadi tidak nyaman jika tinggal dirumah dan lebih senang diluar bersama teman-teman yang membuatnya senang.
4. Lingkungan Setempat yang Kurang Baik
Salah satu faktor lainnya yang menyebabkan anak muda bergaul dengan bebas adalah karena lingkungan rumah yang tidak baik dan diperparah dengan aktifitas orang-orang disana yang kurang patut untuk ditiru.
5. Kurang Berhati-Hati Dalam Berteman
Jika asal dalam memilih teman, karena tidak semua teman itu orang yang baik, tetapi orang yang baik pasti seorang teman atau bahkan sahabat.
6. Keadaan Ekonomi Keluarga yang Memperihatikan
Karena ekonomi yang pas-pasan dan sang anak juga ingin hak-haknya terpenuhi khususnya dalam masalah kesenangan, akhirnya sang anak akan mencari-cari sesuatu yang dapat membahagiakannya walaupun itu tidak baik baginya.
7. Kurangnya Rasa Sadar Remaja Zaman Sekarang
kurangnya kesadaran remaja menyebabkan terjerumus dalam pergaulan bebas. Karena anak muda sekarang rasa ingin tahunya tinggi bahkan berlebihan, sebenarnya mereka tahu mana yang baik dan buruk tetapi karena kurangnya kesadaran maka terjerumuslah mereka ke dalam pergaulan bebas.

Dampak Pergaulan Bebas


Dengan terjadi pergaulan bebas memberikan pengaruh yang sangat berbahaya bagi diri sendiri, orangtua, masyarakat bahkan sampai negara juga. Kok bisa? Ya karena para pemuda merupakan tiang dari kesuksesan negara, jika anak muda zaman sekarang baik, sudah dipastikan dewasanya gimana nanti. Tapi sekarang sepertinya sebaliknya, dan inilah dampaknya:
1. Hal yang Paling Berbahaya adalah Seks Bebas.
Bahaya dari pergaulan bebas adalah seks bebas. Jika terdapat 2 orang berbeda jenis kelamin dan melakukan hubungan diluar nikah, tentu saja yang malu bukan hanya diri sendiri bahkan sampai orangtua dan masyarakat sekitar. Jika diambil dari sisi pandang agama, dosanya sangatlah besar.
2. Ketergantungan Obat
ketergantungan pada obat-obatan terlarang adalah akibat dari pergaulan bebas yang berlebihan. Karena ajakan dari teman-teman dan anak muda zaman sekarang sukanya ikut-ikutan, dapat menggiring mereka untuk mengkonsumsi obat-obatan terlarang bahkan sampai ketagihan. Jika sudah overdosis maka sudah bertanda dekat dengan malaikat maut.
3. Menurunnya Tingkat Kesehatan
Karena berhubungan dengan lawan jenis diluar nikah tanpa tahu penyakit yang diderita, akhirnya terkena penyakit HIV AIDS yang dapat membahayakan kesehatan dan kondisi kekebalan tubuh.
4. Meningkatkan Kriminalitas
Karena pergaulan bebas yang berlebihan dapat meningkatkan kriminalitas. Karena sudah berpikir terlalu bebas dan melakukan sesuatu dengan seenaknya, akhirnya akan membawa ke dalam sebuah kasus dan tindakan kriminal.
5. Meregangkan Kekeluargaan
Jika sudah Ikatan keluarga sudah longgar, sudah dipastikan akan sangat berakibat buruk untuk masa depan keluarga khususnya para anak-anak. Karena tidak akan ada yang peduli satu sama lain jika sudah longgar tali kekeluargaan.

Cara Mengatasi Pergaulan bebas

  • Tanamkan nilai-nilai agama dalam hatinya.
  • Menjaga keseimbangan pola hidup yang baik.
  • Perbanyak aktifitas yang positif.
  • Berpikir untuk kebaikan masa depan.
  • Mengurangi menonton telivisi.
  • Jujur pada diri sendiri.
  • Berkomunikasi yang baik kepada teman.
  • Pilihlah teman yang baik.
  • Tegakkan aturan hukum yang baik.
  • Semoga ini dapat menjadi jalan menuju kebaikan anak muda zaman kini dan nanti.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pergaulan Bebas | Pengertian, Ciri-Ciri, Faktor-Faktor, Dampak, dan Cara Mengatasi

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer