"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Jumat, 03 April 2020

Pengertian, Sejarah, Perkembangan,dan Keaktoran Pantomim (Pantomimer)



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan mengulas tentang perkembangan pantomim yang meliputi sejarah pantomim, pengertian menurut para tokoh, perkembangan pantomim, dan keaktoran pantomimer. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi tentang perkembangan pantomim yang meliputi sejarah pantomim, pengertian menurut para tokoh, perkembangan pantomim, dan keaktoran pantomimer. Dan harapannya, apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami perkembangan pantomim yang meliputi sejarah pantomim, pengertian menurut para tokoh, perkembangan pantomim, dan keaktoran pantomimer.

Pengertian, Sejarah, Perkembangan,dan Keaktoran Pantomim (Pantomimer)
 www.searchpengertian.com

Pengertian Menurut Para Tokoh

Berikut ini adalah beberapa pendapat tokoh mengenai pengertian pantomim. Adapun tokoh-tokoh tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Charles Aubert pantomim sebagai seni pertunjukkan yang diungkapkan melalui ciri-ciri dasarnya, berupa gerak isyarat.
  2. Rendra berpendapat bahwa sebagai seni pertunjukkan yang berdiri sendiri, pantomim telah memiliki perjalanan kesejarahan tersendiri pula.
  3. Adjib Hamzah pantomim sebagai pengembaraan semua kegiatan manusia yang hanya dengan gerak semata sampai sedetail-detailnya.

Sejarah Pantomim

Di dalam piramida di Mesir ditemukan relief-relief yang menggambarkan kisah tentang anak laki-laki yang sedang melakukan gerakan tertentu, tetapi bukan gerakan tarian. Gerakan itu oleh Aristoteles dinamakan pantomim.

Perkembangan Seni Pantomim


Dalam perkembangannya, seni pantomim semakin dikenal di dunia, terutama melalui industri film bisu. Berbagai bentuk ekspresi dan gerak terbaru dikembangkan dengan serius pada tahun 1900-an. Chaplin sangat penting dalam dunia bahasa bisu sebab ia merupakan salah satu tokoh besar dalam film bisu, sebelum film bicara ditemukan dan diperkenalkan kepada masyarakat. Di Indonesia, tokoh penting dalam dunia pantomim adalah Jemek Supardi.

Keaktoran Pantomim

1. Olah Tubuh
Olah tubuh merupakan proses lanjutan dari pemanasan (peregangan) dalam mencapai kesadaran tubuh yang mengarah pada kekuatan, kelenturan, dan ketahanan.

2. Kekuatan
Bagian-bagian tubuh yang memerlukan kekuatan itu ialah pada bagian kepala hingga leher, badan dari pundak hingga pinggang, tangan dan pinggang hingga kaki.

3. Ketahanan
Ketahanan adalah konsistensi tubuh dalam menempuh sebuah proses kreatif (pertunjukkan) pantomim.

4. Kelenturan
Kelenturan adalah sebuah proses pencapaian tubuh maksimal hingga menempuh batas elastisitas.

Teknik Tubuh Pantomim

1. Dasar Posisi Tubuh
Bersandar: Teknik bersandar ini meletakkan salah satu kaki ke belakang kaki yang lain dengan posisi doyong 35%, sedangkan bentuk tangan menyesuaikan.

2. Freeze
Feeze adalah tubuh yang membeku atau mematung di mana aktivitas gerak tubuh berhenti.

3. Mechanical People
Mechanical people adalah gerak dan aktivitas tubuh mekanis melalui penekanan kekuatan tubuh dengan gerak stakato pada tiap bagian ruas tubuh.

Ekspresi Pantomimer

Ekspresi pantomim sangat kaya karena dengan ekspresi pantomim, pantomimer dapat mengajak penonton ke mana saja dan memasuki berbagai suasana yang lebih estetis dan memenuhi ruang-ruang spektakel yang tak diduga oleh penonton.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian, Sejarah, Perkembangan,dan Keaktoran Pantomim (Pantomimer)

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer