"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Minggu, 12 April 2020

Pengertian dan Jenis-Jenis Satwa Harapan



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengertian satwa harapan dan jenis-jenis satwa harapan. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian satwa harapan dan jenis-jenis satwa harapan. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian satwa harapan dan jenis-jenis satwa harapan.

Pengertian dan Jenis-Jenis Satwa Harapan
 www.searchpengertian.com

Pengertian Satwa Harapan

Satwa harapan merupakan hewan yang dipelihara atau diternakkan dan diusahakan untuk menghasilkan bahan dan jasa seperti ternak. Beberapa hewan yang termasuk ke dalam kelompok satwa harapan. Adapun hewan-hewan tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Kelompok Pisces, contohnya ikan arwana.
  2. Kelompok Reptilia, contohnya ular dan buaya.
  3. Kelompok Aves, contohnya burung puyuh, cucak rawa, dan ayam hutan.
  4. Kelompok Mammalia, contohnya rusa dan gajah.
  5. Kelompok Insekta, contohnya kupu-kupu dan lebah.

Jenis-Jenis Satwa Harapan

1. Puyuh


Puyuh merupakan jenis burung yang tidak dapat terbang lama di udara seperti burung lainnya, tubuhnya relatif kecil, berkaki pendek, dan dapat diadu. Puyuh termasuk dari kelas Aves dengan genus Coturnix. Burung puyuh yang bersifat liar memengaruhi cara pemeliharaannya. Jenis-jenis puyuh
  1. Arborophila javanica atau puyuh gonggong.
  2. Rollulus roulloul atau puyuh mahkota
  3. Coturnix chinensis atau puyuh batu

2. Lebah 



Lebah termasuk kelompok serangga ordo Hymenoptera (bersayap bening) yang membesarkan anak-anaknya dengan serbuk sari dan madu. Lebah merupakan serangga penghasil madu, royal jelly, polen, atau serbuk sari, dan lilin lebah atau malam. Tubuh lebah ditutupi bulu-bulu halus yang berguna untuk menangkap serbuk sari yang diperoleh dari bunga. 

Berikut ini adalah beberapa jenis lebah madu.
  1. Apis dorsata merupakan lebah madu paling produktif.
  2. Apis indica
  3. Apis mellifera
  4. Apis mellifera var. unicolor.
  5. Apis mellifera vas. florea
  6. Apis koschevnikovi
  7. Apis andreniformis
  8. Melipona thoracica
  9. Trigona sp.

3. Bekicot



Bekicot adalah hewan Mollusca dari kelas Gastropoda (berjalan dengan perut) yang bernapas dengan paru-paru. Bekicot dapat dimanfaatkan atau diolah menjadi kecap, tepung, lauk, keripik, kosmetik, bahan baku obat, dan pakan ternak. Adapun jenis-jenis bekicot antar lain adalah sebagai berikut
  1. Achatina variegata
  2. Achatina fulica

4. Ular



Ular adalah reptil bertubuh panjang, ramping dan bersisik, tidak berkaki, tidak berteliga, serta matanya tidak berkelopak. Ular merupakan binatang yang tuli karena tidak mempunyai lubang telinga dan gendang teliga, tetapi ular memiliki organ Jacobson yang berperan sebagai indra pembau dan perasa. Adapun jenis-jenis ular yaitu ular yang berbisa dan tidak berbisa. Contoh ular yang berbisa yaitu kobra dan tidak berbisa dan mematikan dengan cara melilit adalah ular boa.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian dan Jenis-Jenis Satwa Harapan

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer