"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Selasa, 17 Maret 2020

Aktivitas Fisik | Pengertian, Pencegahan, Dampak, dan Cara Melakukan



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengertian, pencegahan, dampak, dan cara melakukan aktivitas fisik dalam pembelajaran PJOK. Harapannya apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian, pencegahan, dampak, dan cara melakukan aktivitas fisik. Dan semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anak didik dalam memahami pengertian, pencegahan, dampak, dan cara melakukan aktivitas fisik. Untuk lebih jelasnya silakan kalian simak penjelasanya di bawah ini.


Pengertian Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik adalah gerakan tubuh yang menyebabkan pengeluaran tenaga yang sangat penting bagi pemeliharaan fisik, mental, dan kualitas hidup yang sehat.

Aktivitas Fisik Ringan

Aktivitas ringan adalah suatu kegiatan yang memerlukan sedikit tenaga atau energi. Contohnya menonton televisi.

Aktivitas Fisik | Pengertian, Pencegahan, Dampak, dan Cara Melakukan

Aktivitas Fisik Sedang

Aktivitas fisik sedang adalah aktivitas yang membutuhkan tenaga intens atau terus-menerus. Contohnya, bekerja bakti, bermain musik, bersepeda, dan lain-lain.

Aktivitas Fisik | Pengertian, Pencegahan, Dampak, dan Cara Melakukan

Aktivitas Fisik Berat

Aktivitas fisik berat adalah aktivitas fisik yang membutuhkan kekuatan dan energi yang banyak sehingga terjadi pembakaran kalori yang mengakibatkan keluarnya keringat.

Aktivitas Fisik | Pengertian, Pencegahan, Dampak, dan Cara Melakukan

Melakukan Aktivitas Fisik Terhadap Pencegahan Penyakit

Jika kita memiliki tubuh yang yang sehat, pastinya sangat bersemangat saat melakukan aktivitas fisik. Aktivitas fisik dapat dilakukan kapan saja dan ada banyak manfaat yang didapat. Salah satu aktivitas yang dapat dilakukan adalah bermain bulu tangkis. Manfaat kesehatan yang didapat dari bermain bulu tangkis antara lain untuk menghindari obesitas, menguatkan kepadatan tulang, meningkatkan kekuatan kaki, dan mencegah penyakit jantung.

Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung disebabkan oleh kondisi darah tidak mengalir dengan lancar pada pembuluh darah ataupun aliran darah terhalang zat kapur.

Aktivitas Fisik | Pengertian, Pencegahan, Dampak, dan Cara Melakukan

Mencegah Penyakit Obesitas

Aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur berfungsi untuk membakar kalori. Akibatnya, berat badan menjadi ideal dan dapat terhindar dari obesitas atau kegemukan. Penyakit diabetes dikarenakan adanya zat kelainan zat inzulin yang diproduksi oleh tubuh. Untuk mengobatinya dapat dilakukan dengan cara mengatur pola makan yang baik dan benar sesuai dengan porsinya masing-masing.

Aktivitas Fisik | Pengertian, Pencegahan, Dampak, dan Cara Melakukan

Dampak Tidak Melakukan Aktivitas Fisik

Pada zaman sekarang ini, banyak anak-anak dan remaja lebih memilih untuk menghabiskan waktu di depan layar (gadget) daripada mengisi waktu untuk bermain di tanah lapang.

Badan Menjadi Kurang Fit

Jika badan daam kondisi yang kurang fit, tentunya tidak akan bersemangat dan malas dalam melakukan aktivitas apapun. Apabila bermalas-malasan melakukan aktivitas fisik olahraga akan membuat daya tahan tubuh menjadi menurun yang akan menyebabkan banyak gangguan kesehatan.

Berat Badan Tidak Terkontrol

Kurang melakukan aktivitas fisik dapat menyebabkan berat badan yang tidak terkontrol, artinya badan menjadi terlalu gemuk (overweight) dan terlalu kurus (underweight).

Cara Melakukan Aktivitas Fisik untuk Mencegah Penyakit

Di bawah ini adalah beberapa langkah-langkah untuk mencegah penyakit. Adapun langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Aktivitas fisik dilakukan sebelum makan atau 2 jam setelah makan
  2. Saat melakukan aktivitas fisik diawali dengan pemanasan dan peregangan
  3. Lakukan gerakan ringan terlebih dahulu
  4. Jika sudah terbiasa dengan aktivitas tersebut, frekuensi dan intensitasnya dapat ditambah atau ditingkatkan.
  5. Lakukan aktivitas fisik secara bertahap hingga macapai 30 menit


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Aktivitas Fisik | Pengertian, Pencegahan, Dampak, dan Cara Melakukan

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer