"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Sabtu, 18 Januari 2020

Pengertian Cetak Tinggi dalam Ragam Seni Grafis | Seni Budaya Kelas 9 Semester 1 Revisi



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Apa yang di maksud dengan cetak tinggi? Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengertian cetak tinggi dalam ragam seni grafis. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian cetak tinggi dalam ragam seni grafis. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian cetak tinggi dalam ragam seni grafis.

Pengertian Cetak Tinggi dalam Ragam Seni Grafis | Seni Budaya Kelas 9 Semester 1 Revisi
www.searchpengertian.com

Pengertian Cetak Tinggi

Cetak tinggi adalah ragam karya seni grafis yang proses pembuatannya melalui tahapan pembuatan cetakan dari bahan yang dicukil sehingga permukaan menjadi tinggi dan rendah (relief). Bagian yang tinggi ini dilumuri tinta cetak dengan alat rol karet. Setelah itu, hasilnya di cetak pada lembaran kertas sehingga membentuk gambar sesuai dengan cetakannya.

Ragam Seni Grafis

Berikut ini adalah beberapa ragam seni grafis dalam pembelajaran seni budaya kelas 9. Adapun ragam seni grafis tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Cetak Tinggi, proses pembuatannya melalui tahapan pembuatan cetakan dari bahan dicukil sehingga permukaan menjadi tinggi dan rendah (relief).
  2. Cetak Saring (Screen Printing), dibuat dengan cetakan dari bahan screen yang dilapisi bahan peka cahaya, ditutup, ditutup film, dan disinari (sablon).
  3. Cetak Dalam (Intaglio Print), proses pembuatannya melalui tahapan pembuatan cetakan dari bahan pelat alumunium yang ditoreh dengan alat tajam sehingga membentuk goresan yang dalam.
  4. Cetak Cahaya (Fotografi), proses pembuatannya melalui pemotretan dengan kamera, pencucian film, dan pencetakan gambar.

Media Cetak Tinggi

Di bawah ini adalah bahan, alat, dan teknik cetak tinggi dalam seni grafis. Adapun langkah-langkah yang bisa kalian lakukan adalah sebagai berikut.

1. Bahan Cetak Tinggi
  • Bahan alami: daun-daunan, batang daun pisang, kayu, kulit pohon, atau buah-buahan.
  • Bahan buatan: kertas gambar, kertas karton, hardboard, tripleks, karet, alumunium, tinta, dan cat.
2. Alat Cetak Tinggi
  • Alat pembentukan cetakan: gunting, pisau, dan pisau pahat.
  • Alat pewarnaan: rol karet dan kaca.
3.  Teknik Cetak Tinggi
  • Teknik rekat: cara pembuatan cetakan dengan merekatkan bahan satu dengan bahan lainnya.
  • Teknik cukil: cara pembuatan cetakan dengan mencukil bahan dari hardboard atau kayu untuk membentuk gambar terbalik dengan alat pahat.

Media Cetak Saring

Di bawah ini adalah bahan, alat, dan teknik yang bisa kalian lakukan dalam membuat media cetak saring. Adapun langkah-langkah yang bisa kalian lakukan adalah sebagai berikut.

1. Bahan Cetak Saring
  • Kain saring (screen) yang sudah dibingkai, mika film atau kertas kalkir, bahan afdruk dan penghapus, tinta atau cat sablon.
2. Alat Cetak Saring
  • Kuas, rakel, meja sablon.
3. Teknik Cetak Saring
  •  Teknik afdruk: cara pembuatan dengan bahan afdruk, mika film, dan bantuan sinar matahari atau lampu.
  • Teknik mencetak: cara pewarnaan dengan alat rakel yang disapukan sekali atau lebih dan menerobos pori-pori kain saring.

Media Cetak Cahaya (Fotografi)

Di bawah ini adalah bahan, alat, dan teknik yang kalian bisa gunakan dalam membuat media cetak cahaya (fotografi). Adapun langkah-langkah yang bisa kalian tempuh adalah sebagai berikut.

1. Bahan Cetak Cahaya
  • Film: bahan transparan yang dilapisi bahan peka cahaya.
  • Kertas foto: bahan yang digunakan untuk mencetak gambar foto.
2. Alat Cetak Cahaya
  • Kamera: ruang atau kotak yang gelap (tidak tembus cahaya)
  • Cetakan (printer)
3. Teknik Cetak Cahaya
  • Persiapan memotret: cara memegang kamera dan posisi membidik (berdiri, jongkok, tiarap).
  • Memotret objek. 

Bagian-Bagian Penting Kamera

  1. lensa
  2. diafragma
  3. penemu jarak
  4. rana
  5. lampu foto

Jenis Kamera

Berikut ini adalah jenis-jenis kamera dalam seni grafis. Adapun jenis-jenis seni grafis tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Cara Pengoperasian, kamera manual, kamera otomatis, dan kamera digital.
  2. Sistem Bidik, kamera pengamat, kamera pembidik, kamera refleks, kamera SLR (single lens reflex), dan kamera refleks lensa kembar.
  3. Kegunaan, kamera udara, kamera arsitektur, kamera wartawan, kamera Linhof, kamera dalam air, kamera stereo, kamera tiga dimensi, dan kamera polaroid.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Cetak Tinggi dalam Ragam Seni Grafis | Seni Budaya Kelas 9 Semester 1 Revisi

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer