"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Selasa, 10 September 2019

Pengertian Deskripsi Eksplanatori Lengkap dengan Contohnya | Teks Deskripsi K13



Daftar Isi [Tampil]
Teks Deskripsi | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian teks deskripsi yaitu deksripsi eksplanatori dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik semuanya dalam dalam mencari referensi tentang teks deskripsi. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah, khususnya tentang teks deskripsi. Selamat belajar, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Pengertian Deskripsi Eksplanatori Lengkap dengan Contohnya | Teks Deskripsi K13
www.searchpengertian.com

Deskripsi eksplanatori adalah deskripsi yang ditulis berdasarkan fakta yang dilihat langsung oleh penulis. Deskripsi eksplanatori menghindari segala sesuatu yang bersifat subjektif atau imajinatif.

Contoh Teks Deskripsi Eksplanatori

Contoh 1

Rumahku

Rumahku adalah rumah mungil di depan mushola. Rumah itu mempunyai luas sekitar 36 cm persegi. Dengan warna cat hijau muda membuat rumah itu terlihat sejuk dipandang mata. Halaman sempit di depan rumah penuh dengan tanaman yang di tanam di pipa. Setiap tanaman tumbuh subur, bahkan tanaman cabe sudah berbuah banyak. Rumahku terdiri dari 1 ruang tamu, 1 kamar tidur, 1 ruang santi, dapur, dan 1 kamar mandi. Di ruang tamu hanya berisi karpet sebagai alas duduk dan rak buku yang terpasang di dinding. Agar suasana harum, ada pewangi semprot otomatis yang terpasang di dinding. Semua barang yang ada di rumah selalu tertata rapi. Lantai keramik berwarna putih membuat rumah mungil ini menjadi nampak luas.

Contoh 2

Rumahku Istanaku 

Saya merupakan putri dari Kota Batu, tepatnya di jalan Sarimun No. 43 Desa Beji Kecematan Junrejo, Batu di mana rumahku berdiri kokoh yang dihiasi dengan keluarga yang sederhana namun bahagia.

Tampilan depan rumah yang sederhana tidak mencolok seperti rumah-rumah kebanyakan. Hanya saja tembok rumahku  yang berwarna orange dan memiliki teras yang berwarna merah yang membedakan rumahku dengan rumah yang lainnya. Tampak pot-pot bunga yang berjejer rapi di depan rumah dan kandang burung besar yang terdapat di pojok rumahku.

Lantai satu rumahku terdapat ruang tamu, ruang tengah, 2 kamar, sebuah ruang keluarga, dan dapur bersih. Dan lantai 2 rumahku terdapat 1 kamar dan balkon kecil. Dapur kotor, kamar mandi, dan tempat membuat tempe ayahku terdapat di dalam rumah bagian belakang. Dan belakang luar rumah terdapat kandang sapi.

Contoh 3

Gunung

Gunung adalah salah satu kenampakan alam yang indah yang bisa juga dikatakan sebagai dataran yang menonjol dan lebih tinggi dari dataran disekitarnya. Pada umumnya gunung dapat mencapai tinggi hingga ratusan meter di atas permukaan laut.

Ketinggian ini yang menyebabkan gunung tampak indah jika dipandang dari bawah maupun dari puncaknya. Dari atas puncak gunung kita bisa menikmati kesegaran air terjun yang turun dari tebing yang tinggi, sungai dengan aliran air yang jernih, bukit, bebatuan dan tebing yang kokoh, serta birunya langit di siang hari.

Keindahan alam ini sangat menyejukkan dan membuat dari menjadi tentram. Suasana alamnya juga sangat menentramkan. Kicauan burung di hutan, hembusan angin yang sejuk, dan gemercik air sungai di sela bebatuan membuat kita betah berlama-lama mendaki gunung.

Gunung juga memiliki berbagai jenis dan ciri-ciri masing-masing. Indonesia adalah negara yang memiliki gunung paling banyak. Di Indonesia ada gunung api aktif dan tidak aktif. Gunung berapi yang aktif memiliki lava yang dapat menyembur ketika meletus.

Lava tersebut berasal dari perut bumi yang keluar menuju melalui puncak gunung. Lava tersebut berwarna merah menyala dan panas seperti api. Sedangkan gunung yang tidak aktif, tidak mengeluarkan lava dan tidak bisa meletus.

Contoh 4

Kucing

Namanya adalah Kenzi, dia adalah kucing kesayanganku. Dia adalah kucing jantan yang saat itu aku temukan di pinggir jalan. Kenzi memiliki bulu yang halus dan berwarna cokelat belang putih. Bulu halusnya menyelimuti tubuhnya dari kepala sampai ke ekornya.

Semua bulunya berwarna cokelat dan berwarna putih pada kakinya. Sedangkan ekornya berwarna cokelat dan sangat menggemaskan. Kumisnya sedang, tidak panjang dan tidak pendek.

Kenzi memiliki bentuk kaki lebih pendek dari bentuk kaki kucing pada biasanya. Hidungnya kecil dan kumisnya sedikit panjang. Beratnya tubuhnya sedang yaitu sekitar 4 kg. Matanya berwarna hijau kekuningan dan sangat lucu ketika dia terkejut sambil membuka matanya lebar-lebar.

Kenzi lebih menyukai tidur seharian di atas keranjang tempat tidurnya. Ketika tidur kenzi lebih suka dielus bagian punggungnya. Saat mengelus, dia memainkan ekornya ke kanan dan ke kiri.

Kenzi lebih banyak menghabiskan waktunya dengan tidur. Dia baru bangun jika merasa lapar. Ketika lapar dia akan menuju ke tempat makan yang telah disediakan yang disimpan di dapur.

Saat lapar dia akan terus mengeong sampai dia mendapatkan makanannya. Dia akan memasang muka menyedihkan ketika tidak diberi makan. Kucing ini sangat lucu dan sangat disayangi keluarga kami.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Deskripsi Eksplanatori Lengkap dengan Contohnya | Teks Deskripsi K13

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer