"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Rabu, 04 September 2019

Pengertian, Ciri, Tujuan, Fungsi, Syarat, dan Contoh Teks Poster 2019



Daftar Isi [Tampil]
Teks poster adalah suatu media publikasi yang memadukan antara tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak. Atau teks poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum yang ditulis di atas kertas atau papan cukup besar dengan huruf cukup besar dan warna yang mencolok. Tujuannya agar mudah dibaca dari jarak jauh. Teks poster digunakan sebagai alat untuk mengiklankan sesuatu, alat propoganda, dan protes, serta maksud-maksud lain untuk menyampaikan berbagai pesan.

Pengertian, Ciri, Tujuan, Fungsi, Syarat, dan Contoh Teks Poster 2019

Poster dipasang ditempat keramaian dan strategis, seperti di kawasan sekolah, pasar, perkantoran, fasilitas kesehatan, dan lainnya. Informasi yang disampaikan oleh poster bersifat persuasif atau mengajak. Poster juga salah bentuk dari seni grafis dua dimensi yang memadukan antara huruf, angka, dan gambar pada media kertas atau kain yang besar. Umumnya ditempelkan di bidang dengan permukaan yang rata, seperti dinding atau papa, pusat-pusat keramaian.

Ciri-Ciri Teks Poster

1. dapat dibaca ambil lewat/lalu
2. bahasa singkat dan jelas
3. dibuat dengan warna kontras dan kuat
4. di tempel di dinding
5. di tempel di tempat umum
6. berusaha mencari perhatian mata bagi orang yang lewat
7. didesain dengan komposisi huruf dan gambar di atas media datar berukuran besar
8. dipasang dengan cara ditempelkan di bidang permukaan rata seperti dinding
9. diberi gambar agar pesan lebih mudah tersampaikan

Tujuan Teks Poster

Secara umum tujuan dari teks poster adalah sebagai bentuk publikasi agar dibaca dan dilihat oleh masyarakat luas dan mau mengikuti, membeli, memakai ajakan dari isi poster tersebut. Sedangkan tujuan khususnya adalah ajakan yang disampaikan oleh teks poster bersifat subyektif, tergantung apa yang diinginkan oleh si pembuat teks poster itu sendiri. Dapat berupa tujuan komersial, berusaha untuk meraih simpati masyarakat, mencari perhatian, dan sebagainya.

Fungsi Teks Poster

Teks poster memiliki fungsi untuk memberikan informasi tambahan mengenai sesuatu kepada masyarakat luas. Diharapkan dengan melihat dan membaca poster, tujuan dari si pembuat akan tersampaikan melalui lukisan dan gambar yang ditampilkan. Ada beberapa hal penting yang membedakan poster dengan media publikasi dua dimensi lainnya. Selain menurut pengertian poster yang dicetak pada bidang yang besar, isi dan cara tersampaikannya informasi dari poster pun berbeda dengan media publikasi lain.

Syarat-Syarat Teks Poster

1. Sesuaikan ukuran poster dengan sasaran lokasi yang akan digunakan untuk menempel/memasang poster.
2. Menggunakan bahan yang kuat dan tahan terhadap cuaca, sehingga tidak mudah rusak dan robek
3. Harus bisa menarik perhatian pembaca atau orang banyak.
4. Kombinasi antara tulisan dan gambar harus menarik
5. Memiliki susunan kalimat yang singkat, padat, dan jelas 
6. Menyampaikan maksud isi poster dengan tepat
7. Menggunakan kalimat dan bahasa yang mudah dipahami oleh semua kalangan.

Hal- Hal yang Diperhatikan dalam Teks Poster

1. Perhatikan komposisi keindahan dari poster agar semakin menarik perhatian masyarakat secara luas.
2. Hindari keinginan untuk mengisi penuh poster dengan gambar atau tulisan, karena akan menurunkan keinginan orang untuk membaca secara menyeluruh.
3. Pembaca poster adalah orang yang sedang bergerak, oleh sebab itu isilah poster dengan tulisan yang efektif, sugestif, dan mudah diingat.
4. Biasanya poster dibaca dari jarak jauh, maka dari itu pastikan dapat terbaca dengan baik
5. Untuk menarik perhatian buat poster yang memuat gambar yang mencolok, agar menggungah rasa penasaran orang lain.

Jenis-Jenis Teks Poster

1. Jenis Poster Berdasarkan Isinya
- Poster niaga, yaitu poster yang dibuat dengan tujuan untuk menawarkan barang dan jasa
- Poster layananan masyarakat adalah poster yang memuat informasi untuk mengedukasi masyarakat secara umum tentang suatu hal. Misalnya poster tentang bahaya merokok.
- Poster kegiatan, yaitu media untuk memberitahukan tentang suatu kegiatan yang akan diselenggarakan 
- Poster pendidikan, yakni poster yang memiliki tujuan untuk mendidik masyarakat. Biasanya berhubungan dengan dunia pendidikan dan dipasang di sekolah-sekolah.

2. Jenis-Jenis Teks Poster Berdasarkan Tujuan

1. Poster kampanye, yaitu jenis poster yang mudah ditemukan menjelang pemilihan umum. Digunakan untuk menarik simpati masyarakat terhadap partai politik serta calon yang akan maju dalam pemilihan umum.
2. Poster cheesecake yaitu sebutan untuk poster yang digunakan untuk menarik perhatian dan minat publik. Misalnya ajakan untuk menjadi penyanyi, artis, model, dan sebagainya.
3. Poster film yaitu poster yang dibuat khusus untuk mempromosikan suatu film yang tengah ditayangkan di bioskop.
4. Poster propoganda, yaitu  poster yang berisikan kalimat yang bertentangan dengan pemerintahan berwenang. 
5. Poster dicari, yaitu poster yang memuat informasi penjahat yang tengah menjadi buronan, orang hilang, atau bahkan mengenai lapangan pekerjaan.
6. Poster riset, yaitu poster yang bertujuan untuk menginformasikan mengenai sebuah kegiatan riset. Sehingga dapat menarik minat para akademis untuk datang dan meramaikan kegiatan tersebut.
7. Poster afirmasi, yaitu poster yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada yang membaca, misalnya tentang kepemimpinan.
8. Poster komersial yaitu poster yang mempromosikan suatu produk agar semakin dikenal masyarakat untuk meningkatkan penjualan.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian, Ciri, Tujuan, Fungsi, Syarat, dan Contoh Teks Poster 2019

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer