"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Selasa, 16 Februari 2021

Pengertian Dress Rehearsal dalam Pementasan Fragmen - Seni Budaya Kelas VII



Daftar Isi [Tampil]

searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengertian dress rehearsal dalam kegiatan proses latihan pementasan fragmen seni budaya kelas VII revisi. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian dress rehearsal dalam kegiatan proses latihan pementasan fragmen seni budaya.

Pengertian Dress Rehearsal dalam Pementasan Fragmen - Seni Budaya Kelas VII

Gambar: freepik.com

Dress rehearsal merupakan latihan terakhir atau latihan secara lengkap dan menyeluruh. Semua aktor dan semua pendukung teknis ikut terlibat dalam dress rehearsal. Dress rehearsal bertujuan memberikan nuansa pentas yang sesungguhnya kepada semua yang terlibat di dalamnya. Melalui latihan dress rehearsal, segala kekurangan dari segala aspek dapat diketahui, kemudian dipelajari untuk diperbaiki, disesuaikan atau diantisipasi. Biasanya proses dress rehearsal dilakukan selam dua atau tiga kali.

Dua latihan terakhir sebelum pementasan berlangsung disebut geladi kotor. Di dalamnya terdapat kritik, komentar, saran, dan masukan yang diberikan oleh sutradara atau pun pengamat yang khusus diundang oleh para aktor dan kru teknis. Pada bagian ini, masih memungkinkan dilakukan adanya proses koreksi pada latihan.

Namun, untuk latihan yang terakhir (geladi bersih), tidak dilakukan proses koreksi latihan, kecuali koreksi latihan tersebut meliputi hal-hal yang terkait dengan kebersamaan dan seluruh aktor yang terlibat. Biasanya, setelah melakukan geladi bersih, para aktor dan kru teknis melakukan doa bersama untuk kesuksesan hari pementasan dengan membuat formasi lingkaran memohon kemudahan dari Tuhan.

Dress rehearsal adalah latihan penutup (terakhir) atau latihan secara lengkap dan menyeluruh. Alasan utama untuk menyelenggarakan dress rehearsal adalah memberikan nuansa pementasan yang sesungguhnya kepada para aktor dan seluruh kru pendukung teknik.

Dengan demikian, semua orang bisa mempelajari segala kekurangan dan mengetahui hal-hal yang perlu disesuaikan dan diperbaiki. Umumnya proses ini dilakukan dua atau bahkan tiga kali. Tahap pertama dan kedua biasanya disebut dengan istilah geladi kotor.

Pada tahap ini, komentar, kritik, dan saran dapat diberikan baik dari sutradara atau pengamat yang dihadirkan. Seluruh pemain dan kru masih memiliki waktu untuk memperbaikinya.

Akan tetapi, pada pelaksanaan tahap akhir atau yang biasa disebut geladi bersih, pembenahan secara teknis sudah tidak bisa lagi dikerjakan, melainkan hal-hal kecil yang berkaitan dengan pemahaman serta semangat kebersamaan para pemain dan kru bisa diperkuat. Sutradara wajib memberikan catatan lisan atau tertulis kepada seluruh pemain dan kru setelah melaksanakan dress rehearsal.

Gladi bersih adalah gladi bersih berskala penuh di mana para aktor dan / atau musisi menampilkan setiap detail pertunjukan. Untuk pertunjukan teater, para pemeran mengenakan kostum mereka. Aktor dapat menggunakan alat peraga dan latar belakang dan tidak menggunakan skrip meskipun manajer panggung dan sutradara mungkin melakukannya. Untuk pertunjukan musikal, gladi bersih tidak memerlukan pakaian resmi konser (seperti tuksedo dan gaun). Dalam musik, gladi bersih adalah gladi bersih terakhir sebelum pertunjukan; gladi bersih awal sering kali melibatkan pengerjaan bagian-bagian yang menantang dari gubahan atau bidak, tetapi selama gladi bersih, gubahan atau gubahan biasanya dimainkan secara keseluruhan.

Gladi bersih adalah kegiatan seni pertunjukan yang dilakukan sebagai persiapan untuk pentas dalam bidang musik, teater, tari dan seni terkait seperti opera, teater musikal dan produksi film. Ini dilakukan sebagai bentuk latihan, untuk memastikan bahwa semua rincian kinerja selanjutnya disiapkan dan dikoordinasikan secara memadai. Istilah gladi bersih biasanya mengacu pada aktivitas ansambel yang dilakukan oleh sekelompok orang.

Misalnya, ketika seorang musisi sedang menyiapkan konser piano di studio musiknya, ini disebut latihan, tetapi ketika mereka mempraktikkannya dengan orkestra, ini disebut gladi bersih. Gladi bersih musik berlangsung di ruang gladi bersih musik. Latihan mungkin melibatkan sedikitnya dua orang, seperti permainan kecil untuk dua aktor, sebuah lagu seni oleh penyanyi dan pianis atau duo penyanyi dan gitaris folk. Di ujung lain spektrum, latihan dapat diadakan untuk orkestra yang sangat besar dengan lebih dari 100 pemain dan paduan suara.

Latihan dapat melibatkan hanya satu jenis penampil, seperti dalam pertunjukan paduan suara a cappella, di mana sekelompok penyanyi tampil tanpa iringan instrumental atau lakon yang hanya melibatkan aktor teater; dapat melibatkan pemain dari instrumen yang berbeda, seperti orkestra, band rock atau jazz "big band"; pemain vokal dan instrumental, seperti opera dan paduan suara yang diiringi oleh orkestra; atau campuran aktor, vokalis, instrumentalis dan penari, seperti teater musikal.

Latihan kelompok kecil, seperti band rock kecil, kuartet jazz, atau trio organ dapat dilakukan tanpa pemimpin; dalam hal ini, para penampil bersama-sama menentukan cara menjalankan gladi bersih, lagu mana yang akan dilatih, dan sebagainya. Beberapa kelompok kecil mungkin latihannya dipimpin oleh seorang pemimpin band. Hampir semua pertunjukan kelompok menengah hingga besar memiliki orang yang memimpin latihan; orang ini mungkin pemimpin band dalam lingkungan rock, country, atau jazz; konduktor dalam musik klasik (termasuk opera); sutradara di teater atau teater musikal; atau sutradara film untuk film.

Meskipun istilah ini paling sering digunakan dalam seni pertunjukan untuk merujuk pada persiapan presentasi publik, istilah ini juga digunakan untuk persiapan untuk kegiatan lain yang diantisipasi, seperti tamu pernikahan dan pasangan yang mempraktikkan upacara pernikahan, paramedis yang berlatih menanggapi simulasi darurat, atau pasukan yang berlatih untuk menyerang menggunakan mock-up bangunan.

Sumber referensi: wikipedia.org



Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Dress Rehearsal dalam Pementasan Fragmen - Seni Budaya Kelas VII

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer