"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Kamis, 19 September 2019

Cara Membuat Dekorasi untuk Mempercantik Tampilan Boneka dari Kulit Jagung



Daftar Isi [Tampil]
Dekorasi Boneka | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan cara membuat dekorasi untuk mempercantik tampilan boneka dari kulit jagung. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan belajar anak didik di sekolah dalam mancari referensi tentang cara membuat dekorasi untuk mempercantik tampilan boneka dari kulit jagung. Dan Harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak dalam memahami cara membuat dekorasi untuk mempercantik tampilan boneka dari kulit jagung.

Cara Membuat Dekorasi untuk Mempercantik Tampilan Boneka dari Kulit Jagung

Boneka yang telah dibentuk akan semakin sempurna bila kita membuatkannya dekorasi. Sehingga boneka bisa terlihat lebih cantik untuk dijadikan pajangan maupun mainan. Adapun untuk cara mendekorasi boneka ini, tentu kembali lagi ke selera masing-masing. Artinya tidak ada aturan baku untuk bagaimana seharusnya boneka kulit jagung dihias.

Untuk dekorasi boneka ini, secara garis besar setidaknya ada 2 jenis dekorasi yang bisa dicoba. Yang pertama yaitu dekorasi ala tradisional dan dekorasi ala modern.

1. Dekorasi Boneka Tradisional

Dalam kebudayaan masyarakat India, seorang anak seringkali memakaikan boneka dengan pakaian yang ada dalam budayanya sendiri. Kemudian rambut boneka dibuat dari bulu kuda atau binatang lain. Dan satu hal yang paling banyak menyita perhatian adalah bonekanya tidak memiliki wajah. Hal ini erat kaitannya dengan legenda masyarakat sekitar.

Anak kecil akan bisa menghias dengan kertas warna, krayon dan spidol. Sobat bisa menambahkan pakaian dari bahan kertas, perhiasan, wajah dan barang lainnya dengan sedikit lem. Bisa juga membuat pakaian dari kain, potongan kulit jagung atau barang lainnya.

Selajutnya bisa dilakukan dekorasi pada bagian muka seperti mata, telinga, hidung, dan mulut bisa digambar dengan spidol permanen atau krayon. Atau bisa juga menggunakan benang wol warna yang dibentuk dan direkatkan menggunakan lem.

2. Dekorasi Boneka Modern

Berikut ini adalah beberapa dekorasi boneka ala modern yang bisa dikreasikan
  1. Memakaikan rok pada boneka. Caranya sangatlah mudah, cukup dengan melingkarkan sehelai kain kecil di bagian pinggang boneka, kemudian ikatlah degan tali. Sebelumnya, sobat juga bisa menghias roknya terlebih dahulu menggunakan spidol atau krayon.
  2. Memberikan efek wajah pada boneka. Bisa dengan melengkungkan benang warna di bagian bibir dan merekatkannya. Sehingga menciptakan efek senyuman . Selebihnya kalian bisa bereksplorasi, misalnya menambahkan efek telinga ataupun mata dan hidung. Baik itu dengan benang warna maupun material lainnya.
  3. Mewarnai boneka kulit jagung dengan merendamnya di cairan pewarna makanan. Tentunya bagiannya disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya hanya bagian roknya saja atau kakinya saja.
  4. Membuat efek sepatu pada boneka kulit jagung. Sobat bisa menggunakan sepatu mainan berbahan plastik yang memang diperuntukan buat boneka. Atau kalau tidak, bisa juga dengan mencelupkan sedikit bagian kaki dalam cairan pewarna. Diamkan beberapa saat hingga warna melekat. Dengan begitu, efek sepatu akan terlihat.
  5. Berikutnya yang juga lumayan vital adalah kenakanlah pakaian pada boneka kulit jagung kalian. Dalam artian pakain kecil yang memang untuk dipakai boneka.
  6. Bisa juga menambahkan manik-manik, kancing atau sejenis mute yang berkilau untuk menghias boneka kulit jagung. Gunakan sesuai peruntukannya masing-masing secara proporsional. Misalnya untuk mata, penghias pakaian boneka, dan lain-lain.
  7. Menambahkan rambut untuk boneka kuit jagung kalian. Caranya yakni bisa dengan membuat rumbay-rumbay dari bahan kulit jagung itu sendiri. Atau dari tali rapia dan benang-benang berwarna cerah. Kemudian rekatkan pada bagian kepala menggunakan lem.
  8. Tambahkan cat air untuk mewarnai boneka kulit jagung kalian. Tambahkan secara bijak dan jangan terlalu berlebihan. Penggunaan cat air bisa membuat kesan warna boneka menjadi lebih tegas dan lebih colorfull.
  9. Membuat topi boneka kulit jagung. Kalian bisa memanfaatkan bekas tutup botol minuman untuk keperluan topi boneka ini.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Dekorasi untuk Mempercantik Tampilan Boneka dari Kulit Jagung

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer